Omsetgo.com - Google sebagai mesin pencari terbesar di dunia, memanfaatkan hal ini sebagai iklan online. Tentu, ini menjadi ladang bisnis yang sangat menguntungkan untuk Google, mengingat 80% orang di dunia ini menggunakan Google sebagai tempat untuk mencari informasi.

Iklan online yang ditawarkan oleh Google ini kepada penggunanya adalah Google AdWords. Bagaimana cara kerja yang ditawarkan oleh Google AdWords ini kepada penggunanya?

Cara kerja Google AdWords

Dengan Google AdWords ini Anda tidak perlu lagi menggunakan strategi SEO (Search Engine Optimization) untuk mendapatkan peringkat teratas dari Google, secara otomatis nantinya website Anda akan berada pada urutan atas dengan target kata kunci yang telah Anda tetapkan, akan tetapi ini tergantung dengan penawaran harga yang diberikan. Apa maksudnya disini? Jadi, sebenarnya ini kembali ke masa lalu dimana ada proses tawar menawar untuk setiap kata kunci yang Anda targetkan tersebut. Ada proses lelang untuk setiap target kata kunci, dimana hal ini tidak memperhitungkan relevansi antara apa yang kita cari dengan seseorang dan apa saja yang diiklankan. Semua itu dipengaruhi dari skor kualitas dari sebuah kata kunci.

Peniliaiannya adalah dengan cara menggabungkan faktor-faktor yang secara efektif bisa menentukan seberapa bagus tawaran yang Anda berikan tersebut. Seperti yang kita bahas diatas bahwa semua kata kunci tersebut memiliki angka atau harga masing-masing. Maka, jika ada dua kata kunci dengan kelompok iklan yang sama bisa memiliki harga kata kunci yang berbeda-beda, dimana tersebut dilihat dari seberapa relevan atau banyak kata kunci tersebut dicari oleh orang lain. Apa contohnya? Misalnya kata kunci Iklan Online hampir sama dengan Iklan Facebook Online dan tentunya akan memiliki harga yang berbeda.

Itu dia cara kerja dari Google AdWords yang perlu kita ketahui, karena memang sebelum tahu tahapan dari iklan online di Google ini, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu cara kerja dari Google AdWords.

Maka selanjutnya, mari kita bahas tahapan-tahapan untuk memasang iklan online di Google, yaitu:

  • Membuat Google AdWords

Sebelum membuat Google AdWords, langkah pertama yaitu membuat akun Gmail. Setelah itu baru Anda bisa membuka akun Google AdWords, baru setelah itu Anda bisa menyiapkan kampanye Anda.

Pada Google AdWords ada istilah iklan PPC atau Pay Per Click atau iklan bayar per klik, yang mengacu pada secara teknis pada jaringan penelusuran. Dengan hasil yang berbasis dengan teks dan muncul pada langsung di Google.com ketika Anda telah melakukan pencarian.

Selain itu, ada juga pilihan ‘jaringan’ yang bisa memperluas tempat iklan Anda tersebut muncul. Contohnya, apabila Anda melakukan pencarian di salah satu mitra Google seperti AOL, maka nanti iklan Anda tersebut akan muncul di situs Anda.

Jaringan Display pada Google umumnya muncul pada situs lain, dalam bentuk iklan spanduk yang dikirimkan keluar dari jaringan AdSense di blog secara harafiah pada semua ukuran. Ada sebanyak dua juta situs web di Display Network yang dimiliki Google yang pastinya akan bisa membantu Anda jika ingin menjangkau sekitar 90% pengunjung di internet.

Untuk iklan Anda tersebut, bisa ditargetkan dengan situs atau blog dalam kategori tertentu yang sesuai dengan bisnis Anda, akan tetapi jika tidak berarti niat pencarian tidak bisa mendorong konversi.

Maka karena itu sebagai gantinya Anda pun ingin menggunakan Display Network agar nama Anda bisa terlihat diluar sana. Sehingga, bisa menjangkau banyak orang yang pastinya bisa membantu Anda untuk meningkatkan branding dan visibilitas pada suatu industri.

  • Tentukan kata kunci

 Source: Up to Promo

Source: Up to Promo

Menentukan kata kunci adalah salah hal yang penting juga untuk memasang iklan online di Google. Seperti yang telah kita bahas di atas bahwa cara kerja Google dalam membuat iklan mereka adalah dengan menargetkan kata kunci. Di Google orang bisa mencari apa saja informasi yang mereka inginkan, berdasarkan kata kunci yang telah ditetapkan. Jadi, kami sarankan kepada Anda agar menentukan kata kunci yang tepat untuk bisnis Anda. Kata kunci yang ditetapkan tersebut akan membantu Anda untuk mendapatkan trafik yang tinggi ke website.

Bagaimana cara menentukan kata kunci yang tepat? Caranya adalah dengan menempatkan diri Anda sebagai pelanggan, Anda harus tahu apa saja kata kunci biasanya yang digunakan oleh orang-orang yang berkaitan dengan bisnis Anda. Contohnya adalah jika Anda merupakan situs pencari kerja. Pikirkan kata kunci apa saja yang akan mereka gunakan untuk mendapatkan informasi tersebut. Salah satu contoh seperti ‘Aplikasi lamaran pekerjaan’, ‘lamaran pekerjaan’, ‘informasi lamaran perkerjaan’, ‘aplikasi lamaran pekerjaan terbaik’ dan masih banyak hal lainnya yang bisa Anda jadikan contoh. Selain itu, biasanya Google Keyword Planner tools yang ditawarkan oleh Google ini biasanya juga akan membantu Anda untuk mendapatkan kata kunci yang sesuai.

Ketika Anda telah selesai mengatur kata kunci dan kategori produk, Anda dapat juga menetapkan bahasa dan negara yang tepat untuk penargetan.

  • Susun anggaran iklan online

Tahapan selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyusun anggaran iklan online di Google, agar mengetahui berapa banyak anggaran yang Anda butuhkan untuk menjalankan iklan tersebut.

Dalam menyusun anggaran iklan online di Google ini, mari kita belajar dari Neil Patel seorang praktisi digital marketing. Neil mengatakan ketika Anda ingin membuat kampanye di Google AdWords dan menyusun anggaran ada baiknya Anda bekerja mundur.

 Source: Trik mudah SEO

Source: Trik mudah SEO

Misalnya, Anda memiliki bisnis batu bata dan Anda perlu dua komponen dalam menyelesaikan masalah tersebut yaitu laba per penjualan dan juga pada tingkat konversi Anda.

Misalnya Anda menetapkan harga paket dengan 500 batu bata adalah sebanyak $200 dan ternyata dengan harga tersebut Anda telah menghasilkan sebanyak $100 untuk setiap paket dan $100 itu bisa menjadi keuntungan Anda untuk setiap penjualan.

 

Maka, tingkat konversi Anda tersebut merupakan presentase dari orang-orang yang memang benar memesan dan membutuhkan batu bata Anda, saat mereka sudah di halaman penjualan website Anda.

Jadi, setiap 1.000 tampilan halaman dan menghasilkan 10 pembeli, maka tingkat konversinya adalah 1%.Ketika Anda berpikir bisa menghasilkan $ 70 per penjualan tetap tidak masalah, maka itu tidak masalah ketika Anda harus membayar 30% komisi pada Google, untuk setiap konversi yang berhasil dengan menggunakan AdWords.

Ketika Anda menyatukan semua itu akan menghasilkan BPK (Bayar Per Klik) maksimum pada Anda.

Bagaimana cara perhitungan BPK maksimum? Berikut ini cara nya:

Maksimum BPK = komisi laba x komisi untuk Google x tingkat konversi

Maka jika dalam kasus diatas berarti  perhitungannya adalah $ 100 x 0,3 x 1% = $ 0,30

Berarti Anda bisa membelanjakan $ 30 untuk setiap klik pada Google AdWords tersebut dan Anda juga masih menghasilkan $ 70 per penjualan (hal ini melihat tingkat konversi masih tetap sama).

Dengan menghitung BPK maka Anda bisa melihat berapa anggaran yang harus Anda keluarkan setiap harinya untuk Google AdWords ini. Karena salah satu pembayaran yang ditawarkan oleh Google adalah bayar perklik, maka semakin banyak data yang Anda miliki, berarti semakin banyak pula yang Anda bayarkan.

Apabila ternyata Anda bisa dapat 20 kali klik/hari dan menghabiskan uang sebesar 70.000 perhari untuk puncaknya dan kampanye yang Anda jalankan adalah selama 10 hari, maka Anda menghabiskan uang sebesar Rp 700.000.

Kira-kira itu contoh yang bisa Anda gunakan untuk menentukan anggaran untuk Google AdWords. Cara dari Neil Patel ini bisa Anda gunakan untuk menyusun anggaran dalam membuat iklan online di Google.

  • Periksa kompetitor Anda

Apa fungsi dari memeriksa kompetitor untuk membuat iklan online di Google? Agar Anda bisa mengetahui apakah bisa atau tidak dalam mengguli kompetitor Anda tersebut. Seperti yang kita tahu bahwa ada jutaan perusahaan yang telah pasang iklan mereka di Google, jadi tentunya ada banyak perusahaan pula yang bisa menjadi kompetitor Anda.

Selain itu dengan memeriksa kompetitor juga bisa membantu Anda untuk menganalisa strategi-strategi yang mereka lakukan, Anda bisa mempelajari mana strategi yang berhasil dan tidak. Ikuti strategi mereka yang berhasil tersebut dan tinggalkan strategi mereka yang gagal tersebut. Jadi, nantinya Anda tidak perlu lagi mencoba satu-satu strategi mana yang paling sesuai untuk bisnis Anda tersebut. Ini bukan berarti Anda mencontek strategi, hanya saja Anda bisa mengikuti strateginya selanjutnya memperbaharui menjadi lebih baik lagi.

Selain itu, guna Anda memeriksa kompetitor adalah karena sering sekali jika sebuah kata kunci kompetisinya besar, maka Google AdWords akan mengadakan lelang. Siapa yang menawarkan harga yang paling mahal, maka ia yang akan menempati posisi teratas.

 

 Soource:  Isparmo

Soource:  Isparmo

Akan tetapi, bagaimana cara memeriksa kompetitor ini? Anda bisa menggunakan SEMRush untuk memberi tahu apa saja kompetitor.  Anda akan mengetahui perkiraan biaya untuk setiap kata kunci berdasarkan data yang akurat.

·         Jangan ragu memulai

Ketika Anda sudah mencari tahu banyak hal tentang iklan online di Google, kami sarankan agar jangan ragu untuk memulainya. Ada banyak orang yang sudah belajar banyak tentang strategi digital marketing, khususnya iklan online di Google ini. Walau banyak hal yang mereka ketahui tentang dunia digital, tetapi tidak semua mereka tersebut ingin mempraktekkannya langsung. Hal ini dikarenakan mereka masih ragu-ragu dan bahkan ada beberapa orang yang merasa bahwa Google AdWords ini tidak berfungsi dengan baik, padahal sudah banyak biaya yang harus dikeluarkan. Kami tekankan kembali pada Anda, bahwa biaya iklan yang dibayarkan ke Google tersebut adalah iklan yang berhasil saja. Maka itu, dikatakan Bayar Per Klik, jadi iklan tersebut berjalan dengan baik. Tentu hal ini cukup menguntungkan bukan buat kita? Tidak seperti iklan konvesional biasanya yaitu melalui TV atau radio, dimana kita tidak bisa mengetahui seberapa besar iklan yang berhasil tersebut. Bahkan, bukan cuma itu saja untuk harganya saja juga sudah mahal, padahal kita tidak bisa mengetahui data yang berhasil dari iklan tersebut.

Nah, itu dia kira-kira beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memulai iklan di Google. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda ketika ingin menjalankan iklan dan kampanye pertama Anda.

Jika Anda tertarik untuk lebih mengetahui tentang digital marketing, Omsetgo Digital Marketing Consultant siap membantu Anda untuk melakukan training di perusahaan Anda. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kami  via WhatsApp 087808786899 atau email ke omsetgo@gmail.com. Kami tunggu kabar baiknya :)