Omsetgo.com - Zaman sekarang ini untuk memulai suatu bisnis bukan lagi hal yang sulit, dikarenakan dengan fenomena bisnis online. Bisnis online adalah suatu usaha yang dilakukan dengan menggunakan strategi pemasaran online. Untuk Strategi ini iklan online lah yang digunakan, walau iklan konvesional tetap masih digunakan, namun hanya untuk bisnis yang memang sudah besar.

Salah satu iklan online yang sekarang ini sedang booming dan banyak digunakan oleh orang-orang adalah Instagram marketing. Sebagai sosial media terbesar yang digunakan untuk membagikan gambar dan video ini, Instagram saat ini juga menyediakan iklan untuk online yang bisa digunakan siapapun, khususnya untuk mereka yang baru berkecimpung dalam dunia bisnis online.

Pastinya, akan selalu ingin mempromosikan produk baru yang mereka miliki. Jadi, bagaimana cara mempromosikan produk tersebut dengan iklan secara online yang ditawarkan oleh Instagram?

Jangan khawatir, berikut ini kami sampaikan cara mudah iklan online di Instagram marketing, yaitu:

Langkah Pertama: Harus punya akun Facebook Bussiness Manager

Paling pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memiliki Facebook Business Manager. Anda bisa mendaftarkannya di Facebook dan nanti bisa dihubungkan dengan akun profile Instagram Anda. Untuk Business Manager ini Anda bisa kerja sama dengan partner Anda dalam menjalankan advertising, fanpage bahkan bisa untuk menambah orang baru dalam 1 akun dan masih banyak fitur lainnya yang ditawarkan.

Source: digitalmarketer

Source: digitalmarketer

Ketika Anda telah membuat Facebook Business Manager, maka selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan klaim untuk iklan di Instagram:

  • Klik klaim new Instagram account, langkah ini berguna untuk menambahkan akun Instagram Anda tersebut ke Facebook Business Manager.
  • Setelah itu, Anda bisa login menggunakan akun Instagram Anda.
  • Jika sudah login akun Instagram, Anda pun bisa assign ad accounts di akun Instagram, setelah itu akun Anda tersebut telah siap untuk beriklan di Instagram.

Langkah Kedua: Gunakan pengaturan untuk bersama

Seperti yang dikatakan di atas bahwa kita bisa bekerja sama dengan partner bisnis dengan menggunakan Facebook Business Manager, jadi bisa menjalankan advertising ataupun fanpage bersama. Anda bisa menambahkan orang yang menjadi teman bisnis Anda tersebut. Pengaturan untuk bersama ini, jika Anda sebagai admin Anda bisa mengatur sampai dimana akses yang diberikan untuk para anggota. Sehingga, tidak Anda tidak khawatir jika nanti akun tersebut banyak yang menggunakan dan malah menjadi berantakan.

Langkah Ketiga: Membuat campaign di Instagram

Jika Anda sudah membuat Facebook Business Manager dan membuat peraturan mengelola akun business bersama, selanjutnya cara mudah buat iklan online di Instagram adalah sebagai berikut:

 

source: blogdumoderateur.

source: blogdumoderateur.

-           Anda bisa mulai dari Power Editor, setelah itu silahkan klik pada tab Manage Ads

-           Hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan klik pada ikon folder yang ada pada sebelah kiri di tombol Create Campaign.

-           Selanjutnya, ada 3 objective iklan di Instagram yang bisa Anda pilih, diantaranya Click to Website, Video Views, Mobile Apps Installs.

-           Ketika Anda sudah memilih salah satu dari 3 objective iklan tersebut, selanjutnya Anda bisa klik tombol create. Setelah itu, Anda hanya perlu membuat Ad set dan juga Ads utntuk iklan tersebut.

-           Pada iklan online di Instagram ini Anda bisa mengatur sendiri target dari Audience, Schedule dan juga Budget. Apabila Anda ingin iklan muncul di Instagram, Anda harus klik Placement Instagram.

-           Selanjutnya untuk iklan online di Instagram, jika Anda ingin mengatur tab Ads milik Anda. Silahkan klik ikon di bawah create Ad, setelah klik ikon create Ad dan silahkan tentukan nama dari Ad milik Anda tersebut. Tab ini berfungsi untuk mengatur akun page serta akun Instagram yang terkoneksi dengan iklan Anda tersebut. Setelah itu, Anda pun bisa memasukkan link sesuai dengan keinginan Anda dan buatlah deskripsi singkat tentang iklan tersebut. Kami ingatkan agar tidak lu mengubah tulisa untuk call to action.

-           Langkah terakhir adalah dengan klik upload changes dan iklan Anda lansung berjalan untuk mendapatkan pengunjung untuk Anda.

Itu dia cara membuat campaign pada Instagram yang ingin Anda buat untuk iklan online di Instagram. Cara selanjutnya adalah Anda perlu menjalankan strategi marketing online yang paling tepat, agar iklan online di Instagram Anda tersebut berjalan baik-baik saja.

Jika Anda tertarik untuk lebih mengetahui tentang digital marketing, Omsetgo Digital Marketing Consultant siap membantu Anda untuk melakukan training di perusahaan Anda. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kami  via WhatsApp 087808786899 atau email ke [email protected]. Kami tunggu kabar baiknya :)