Omsetgo.com - Setiap orang diseluruh dunia hampir semua mengenal Google dan menggunakannya sebagai mesin pencari paling akurat yang pernah ada. Setiap tahunnya Google selalu berinovasi untuk memberikan kemudahan kepada penggunanya. Demikian pula untuk pebisnis yang ingin mempromosikan bisnis mereka. Bahkan, bukan cuma itu Google juga memberikan ladang bisnis yang menguntungkan untuk penggunanya.

Dua dari kemudahan yang diawarkan oleh mesin pencari raksasa didunia ini adalah Google Adwords dan Google AdSense. Pernahkah Anda mendengar kedua fitur Google ini?

Google AdWords

 

Source: Pixabay

Source: Pixabay

Bagi Anda yang ingin mendapatkan trafik yang tinggi, pengunjung yang banyak dengan waktu yang singkat, goole adwords lah solusinya. Fitur yang disediakan oleh Google ini memiliki beberapa manfaat diantaranya:

- Beriklan Secara Global ataupun Lokal
Dengan menggunakan iklan Google ini, Anda bisa menargetkan iklan sesuai dengan negara, kota ataupun juga kawasan tertentu, dengan jarak yang telah ditetapkan untuk toko atau bisnis Anda.

- Bisa Menarik Pelanggan Lebih Banyak
Selain itu, fitur ini juga bisa mendatangkan pelanggan lebih banyak, bahkan bukan hanya pelanggan baru tetapi juga pelanggan tetap Anda untuk datang dan datang lagi.

- Menjangkau Pengunjung Dengan Waktu Yang Tepat

Bisnis yang Anda jalankan tersebut akan mudah ditemukan di Google dengan waktu yang tepat ketika orang menelusuri produk yang ditawarkan, berdasarkan kata kunci.
Bagaimana untuk harganya? untuk pembayaran yang harus Anda bayarkan ke Google lebih terjangkau, karena Google menetapkan harga yang harus Anda bayar tersebut, hanya untuk yang berhasil saja. Maksudnya apa?

Source: Google AdWords

Source: Google AdWords

 

A. Jika Tidak Ada Kunjungan, Tidak Perlu Mengeluarkan Biaya
Saat Anda mendaftar di Google AdWords tidak akan dipungut biaya. Google hanya meminta bayaran untuk orang yang mengklik iklan tersebut dan mengunjungi situs web Anda atau juga bisa jika orang tersebut menghubungi Anda. Maka iklan pun dikatakan berhasil, jadi Anda hanya membayar yang pasti saja.

B. Dimulai Dengan Anggaran Berapa pun
Anda bisa memilih jumlah investasi sendiri, bisa dimulai dengan anggaran harian yang paling sesuai untuk bisnis dan untuk di hari berikutnya Anda bisa menyesuaikannya lagi. Anda bisa memulai bisnis dengan anggaran Rp 50.000 hingga Rp 100.000/hari.

Google AdSense

Bagi Anda yang memiliki blog yang sudah populer atau memiliki banyak viewers, Google memiliki program kerja sama periklanan dengan media internet bernama Google AdSense. Bagi pemilik situs web maupun blog yang sudah mendaftar, yang telah disetujui keanggotaannya, diperbolehkan untuk memasang unit iklan dimana bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka.

Google Adsense (1).jpg

Pemilik situs web atau blog tersebut bisa mendapatkan keuntungan dari Google setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, atau biasa dikenal dengan ppc (pay per click)/ bayar perklik. Bukan hanya sediakan sistem untuk iklan pay per click, Google AdSense juga sediakan Adsense untuk pencarian atau AdSense for Search dan juga iklan arahan atau Referral. Untuk AdSense ini si pemilik web dapat memasang kotak pencarian google di halaman web mereka. Pemilik situs tersebut akan mendapatkan pemasukan jika pengunjung situsnya melakukan pencarian melalui kota pencarian di web tersebut. Sedangkan, untuk iklan arahan pemilik web akan mendapatkan pemasukkan ketika klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung, tergantung kesepakatan antara Google dengan si pemasang iklan

Kesimpulan

Secara garis besar, perbedaan dari Google Adsense dan Google Adwords adalah membayar dan dibayar iklan Google. Google AdSense adalah pemilik web dibayar Google untuk pemasangan iklan di website mereka, sedangkan untuk Google AdWords pemilik web akan membayar iklan yang dipasang di Google.

Jika Anda tertarik untuk lebih mengetahui tentang digital marketing, Omsetgo Digital Marketing Consultant siap membantu Anda untuk melakukan training di perusahaan Anda. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kami  via WhatsApp 087808786899 atau email ke [email protected]. Kami tunggu kabar baiknya :)