Omsetgo.com - Ketika menjalankan bisnis online tentu ada banyak lika-liku yang dihadapi, terutama dari pelanggan Anda, maka Anda harus menemukan solusi pemasaran online dalam menghadapi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan tersebut. Ketika Anda merasa sudah melakukan hal yang jujur dan terbaik, tetapi tetap saja masih ada keluhan-keluhan yang didapat dari pelanggan. Kira-kira bagaiman cara Anda menghadapi keluhan dari pelangan tersebut jika terjadi? Anda mungkin berharap bisa keluar dari masalah tersebut atau lari dari masalah dengan menutup telepon. Tetapi, bukan hal seperti itu yang kami sarankan kepada Anda nantinya. Hal utama yang Anda perlukan jika berhadapan dengan hal-hal seperti ini yaitu empati dan ditambah beberapa prediksi untuk masa depan juga Anda butuhkan.

Bagaimana jika Anda sudah mengetahui apa saja nantinya keluhan-keluhan yang di sampaikan oleh pelanggan? Tentu, akan lebih mudah bukan? Anda akan lebih mudah mengetahui bagaimana cara yang tepat bisa dilakukan untuk menghadapi keluhan dari pelanggan, sehingga Anda tidak perlu lagi panik jika konsumen atau pelanggan komplain pada Anda. Dengan begitu, pelanggan nantinya akan merasakan pengalaman belanja yang menyenangkan dengan Anda. Sebenarnya, Anda tidak perlu mengkhawatirkan keluhan, karena keluhan-keluhan tersebut sebenarnya bedampak positif untuk Anda, seperti bisa membantu untuk meningkatkan bisnis Anda dalam menghadapi konsumen.

Berdasarkan sumber yang didapat dari shopify, kami merangkum beberapa keluhan-keluhan terbaik untuk Anda, agar bisa mengetahui apa saja keluhan yang sering disampaikan oleh pelanggan atau konsumen.

Apa yang menyebabkan pelanggan komplain?

Menurut Anda, apa yang menyebabkan pelanggan komplain? Alasan utama yang menyebabkan pelanggan komplain adalah karena mereka merasa frustasi atau kesal. Bukan berarti si pelanggan tersebut melakukan komplain, karena mereka tidak bisa melakukan apapun. Frustasi atau kekesalan terjadi akibat dari apabila tindakan tidak sesuai dengan yang diharapkan atau ketika Anda melakukan sesuatu dan ternyata yang kita lakukan tersebut tidak menghasilkan seperti yang diinginkan.

Frustasi yang terjadi pada transaksi jual-beli, contohnya adalah pesanan yang mereka inginkan tidak sesuai dengan harapan atau estimasi pengiriman lebih lama dari yang dipikirkan.

 

 Source: karental

Source: karental

Jadi, sebagai solusi pemasaran online untuk Anda, kami menyarankan kepada Anda ada baiknya untuk untuk mengantipasi atau menghilangkan semua peluang-peluang frustasi yang bisa terjadi. Jadi nantinya pelanggan atau konsumen bisa menikmati atau membeli produk Anda tanpa adanya hambatan yang bisa membuat mereka kesal dan akhirnya menceritakannya dengan orang dan akhirnya membuat citra bisnis menjadi jelek. Sebenarnya, cara pertama yang bisa Anda lakukan agar pelangggan bisa bahagia adalah dengan mengelola harapan. Perlu kita ketahui bahwa umumnya komplain pelanggan tersebut putusnya hubungan antara harapan dan kenyataan.

Berikut beberapa komplain umum yang sering terjadi kepada pelanggan, yaitu:

  • Adanya masalah Pengiriman dan Investaris

Hal pertama yang harus Anda perhatikan solusi pemasaran online untuk masalah pengiriman dan investaris yang sering terjadi, berikut penjelasannya:

-Pengiriman

Ketika pelanggan membeli produk dari Anda, tentu dalam pengiriman mereka mempercayakan Anda untuk mengirim produk mereka dengan aman dan tepat waktu. Kepercayaan pelanggan terhadap Anda tersebut, Jadi jangan disiasiakan, Anda harus bisa mempertahankan pelanggan pada lingkaran dan bila memungkinkan untuk Anda, ada baiknya untuk menawarkan pelacakan pesanan. Apabila pelanggan bisa mengawasi kemajuan dari pesanan mereka secara nyata, maka pelanggan tersebut akan mendapatkan pemahaman yang jelas tentag pesanan mereka tersebut, kapan akan segera tiba. Dengan begitu, nantinya Anda akan bisa mengurangi beberapa potensi komplain yang berhubungan dengan keterlambatan pengiriman atau ketidakpastian dari pengiriman.

Anda bisa memberikan nomor resi kepada mereka agar bisa melacak pesanannya sendiri, biasanya Anda akan segea mendapatkan nomor resi dari jasa pengiriman segera. Jika seperti pelanggan atau konsumen akan percaya dengan toko Anda tersebut.

-Investaris

Selanjutnya yang sering menjadi masalah selanjutnya kehabisan stok oleh sebuah toko, pastinya hal seperti ini membuat banyak konsumen atau pelanggan menjadi kesal. Sebagai solusi pemasaran online untuk ini, kami menyarankan kepada Anda untuk memperhatikan stok produk yang dimiliki. Jika seperti ini, Anda pun bisa mengantisipasi komplain dari pelanggan atau konsumen. Biasanya, di marketplace dibuat ada berapa stok yang akan Anda jual. Jadi, setiap pembelian akan berkurang sesuai dengan berapa banyak dibeli oleh pembeli tersebut. Dengan begitu, tiak ada terjadi kehabisan stok dan pelanggan menjadi kecewa.

  • Foto serta dan deksripsi produk tidak akurat

 source: Tokopedia

source: Tokopedia

Hal sederhana seperti ini, tanpa sadar juga bisa membuat pelanggan Anda kecewa. Jadi, sebelum hal tersebut terjadi kami sarankan Anda untuk mengikuti solusi pemasaran online yang kami sampaikan. Sebelum menjual sesuatu, ada baiknya Anda melihat dari prespektif pembeli, seperti Anda membayangkan apa sebenarnya yang dirasakan, dilihat oleh pembeli tersebut, sehingga Anda menjadi mengerti hal seperti apa yang harus Anda lakukan dan mengerti apa saja yang bisa membuat mereka kecewa.

Ketika Anda memulai suatu bisnis online, hal terpenting yang harus dilakukan adalah dengan memberikan segala hal yang terbaik. agar bisa memberikan pemahaman kepada pelanggan dengan jelas dan jujur,seperti bagaimana sebenarnya produk yang Anda jual tersebut dikehidupan nyata.

Ada baiknya tidak mencoba menipu pelanggan yang mana tujuannya agar banyak yang beli, jika ternyata tidak sesuai dengan pelanggan atau konsumen yang ada mereka menjadi kecewa dan menganggap Anda penipu.

Agar konsumen dan pelanggan dapat memahaminya berilah foto yang jelas dan jujur, begitu juga dengan deskripsi produk, berilah penjelasan yang benar-benar sangat jelas. Seperti memberi tahu ukuran, dimensi, materi atau beberapa hal lainnya yang sangat penting bagi pelanggan. Jika begitu pelanggan pun bisa memahami dan tahu apa yang mereka harapkan ketika melakukan pemesanan.

Jangan khawatir jika Anda harus jujur pada saat berjualan, baik itu bisnis kecil ataupun besar, hal ini akan membuat Anda menjadi yang terdepan. Pelanggan atau konsumen bisa menghargai semua kejujuran tersebut dan akhirnya bisa membuat mereka kembali lagi kepada Anda, karena telah percaya dengan bisnis online yang dijalanka tersebut. Jangan lupakan pula dengan fotografi, foto yang tidak benar dan beda dari aslinya bisa juga mengecewakan pelanggan Anda. Jadi, berikanlah foto yang benar-benar apa adanya sehingga mereka tidak menjadi kecewa.

  • Website harus responsif

 source: kertas putih

source: kertas putih

Keluhan lainnya yang sering terjadi adalah website yang lamban dan tidak responsif. Sehingga, membuat pelanggan pergi padahal mereka ingin berbelanja ditempat Anda. Jika ini merupakan adalah toko yang nyata pastinya akan menjadi toko yang berantakan dan tidak teratur, yang akhirnya membuat pelanggan menjadi kecewa.

Solusi pemasaran online yang bisa Anda lakukan tersebut seperti adalah dengan menempatkan situs web agar responsif baik itu secara mobile ataupun dekstop, agar strategi e-commerce dapat berjalan dengan baik. Sekarang ini, di zaman smartphone ada banyak orang yang berinteraksi dengan smartphone mereka dan meninggalkan desktop untuk bertransaksi secara online. Jadi, kami menyarankan kepada Anda, untuk memperhatikan website Anda agar lebih responsif terhadap smartphone. Tujuan utama menggunakan smartphone tentunya agar lebih mudah digunakan, selain itu pun lebih fleksibel dan efisien.

Kira-kira itu dia beberapa solusi pemasaran online yang bisa Anda ketahui untuk menghentikan komplain pelanggan sebelum terjadi. Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, setidaknya Anda bisa menghentikan beberapa komplain sederhana yang sebenarnya tidak perlu terjadi.

Jika Anda tertarik dengan solusi pemasaran online lainnya, Omsetgo solusinya. Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke omsetgo@gmail.com. Kami tunggu kabar baiknya :)