Omsetgo.com - Apa alat yang paling terkenal saat ini untuk pemasaran online? Alat itu adalah wordpress. Wordpress adalah sebuah platform situs web yang sekarang banyak digunakan oleh orang lain. Ada lebih dari 75 juta situs yang berjalan di wordpress itu sendiri dan tahukah Anda bahwa ini adalah 27,5% dari semua situs secara global.

Sejak duluncurkannya pada tahun 2003, platform ini selalu berkembang pesat bahkan hingga sekarang pengguna aktif dari wordpress mencapai 2,5 milliar. Data ini membuat wordpress sebagai situs pembuat website terbesar didunia, bukan hanya itu situs ini juga menjadi salah satu alat pemasaran yang banyak digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. Menurut Anda mengapa wordpress bisa sebesar itu sekarang? Hal ini dikarenakan wordpress telah mendapatkan 23 milliar ditambah dengan page views perbulan, dimana setiap harinya jumlah tersebut bertambah.

Sebagai platform dengan 50.000 lebih plugin yang bisa Anda gunakan untuk mengomptimalkan SEO hanya dengan waktu 5 menit (dengan beberapa klik), ditambah pengetahuan teknis yang Anda miliki.

Dengan menggunakan wordpress Anda bisa menyusun strategi pemasaran online dengan sangat mudah tanpa perlu menggunakan kode-kode untuk membuatnya. Setiap orang bisa mengelola postingan mereka untuk meningkatkan lalu lintas pencarian serta konten langsung pada wordpress. Namun, bagaimana cara efektifnya untuk membantu pemasaran Anda? Berikut strategi pemasaran online yang bisa Anda lakukan:

  • Mengomptimalkan gambar pada situs untuk loading cepat

Strategi pemasaran online pertama adalah mengomptimalkan gambar di situs agar lebih cepat. Prioritas utama Google dalam menetapkan peringkat adalah dengan melihat kecepatan loading yang cepat. Tentu, Anda ingin mendapatkan peringkat pada Google, jadi perhatikan kecepatan dari website yang dimiliki. Sering sekali yang menjadi dasar utama sebuah website loadingnya lama adalah dikarenakan memiliki banyak gambar atau dengan kata lain gambarnya tidak mendukung. Apalagi untuk website e-commerce pastinya memilik banyak gambar dengan kualitas tinggi yang di posting. Dimana artinya akan banyak file yang disimpan pada server. Sehingga, menyebabkan website menjadi lama dan terasa berat, akhirnya kesempatan agar bagus dimata Google pun menjadi gagal.

Image source: Security training

Image source: Security training

Untuk mengatasi hal seperti ini Anda bisa menggunakan plugin WordPress yaitu WP Smush Image Compression yang berfungsi agar bisa mengurangi ukuran dari foto tersebut, tanpa terlihat tidak bagus. Ada juga alat eksternal yang juga bisa Anda gunakan, yaitu Tiny.png, dimana alat ini bisa di impor ke Dropbox dan WordPress. Namun, jika Anda berpikir ini cukup ribet dan ingin menghemat waktu, mungkin Anda ingin menggunakan alat yang bisa di optimalisasi gambar langsung dari dashboard WordPress Anda, yang telah disarankan tadi.Anda bebas memilih mana optimal gambar yang paling bagus untuk Anda.

  • Periksa link yang rusak otomatis

Link yang rusak pada website Anda bisa membahayakan untuk SEO Anda, jadi kami sarankan kepada Anda untuk memperbaiki atau menyikirkan. Karena, ketika Google berkunjung ke situs Anda, ia bisa mencatat link rusak yang Anda miliki.

Untuk menghemat waktu, agar Anda tidak memeriksa secara manual, ada baiknya untuk menggunakan plugin misalnya seperti Broken Link Checker, agar prosesnya lebih sederhana. Alat tersebut akan membantu untuk menguraikan setiap postingan Anda untuk mengidentifikasikan semua link yang rusak, yang bisa memberi tahu Andal. Bahkan, Anda bisa edit tautan tersebut langsung di dasbor, sehingga bisa menghemat waktu Anda. Ketika ternyata Anda memiliki banyak broken link.

Source: vladimir

Source: vladimir

Dikarenakan dalam menjalankan SEO untuk strategi pemasaran online, link merupakan hal yang penting, pastikan untuk selalu periksa plugin yang satu ini, kapan saja ketika Anda akan membuat sebuah pos baru. Cara ini akan membantu Anda melihat dan memperbaiki setiap tautan, sebelum Google datang lagi ke situs Anda.

  • Menggunakan tema yang responsif dengan seluler

Menggunakan tema yang responsif dengan seluler adalah strategi pemasaran online terbaik selanjutnya. Halaman website dengan loading yang cepat adalah kesukaan si Google, begitu juga jika website Anda mobile-friendly. Dalam memberikan pelayanan terbaik untuk penggunanya, Google selalu memperbaiki algoritmanya untuk meningkatkan kualitas pelayanan mereka. Karena itu, Google pun akan menindak setiap semua situs yang tidak mobile-fiendly. Jadi, kami sarankan kepada Anda agar mencari tema yang ditandai bisa mobile friendly. Ada beberapa memang yang dioptimalkan pada semua tingkat tertentu, tetapi tidak semua yang benar-benar dioptimalkan.

Dengan menggunakan Google Analytics bisa membantu Anda untuk menampilkan secara rinci, lalu lintas antara dekstop, seluler dan juga tablet. Anda bisa melihat sebuah tanda-tanda secara drastis baik pertumbuhan ataupun penurunan. Ketia ternyata terjadi peningkatan pada bagian mobile, berarti tema yang telah Anda terapkan yang ramah mobile berarti telah berhasil. Akan tetapi, ternyata tema yang telah Anda terapkan tersebut tidak berhasil dan membuat Anda menjadi khawatir berarti ada masalah yang terjadi di tempat lain.

  • Buat XML sitemap

Ketika Google akan memberikan peringkat kepada Anda, mesin pencari seperti Google akan mengindeks blog tersebut. Bagaimana cara mereka untuk melakukan hal seperti itu? Google akan melihat sitemap Anda dan secara otomatis WorPress akan membuat sitemap untuk Anda, namun bukan berarti mereka akan mengoptimalkan untuk Anda. Sehingga, nantinya Google tidak mengetahui kapan akan melihat situs Anda.

 

Source: canadian

Source: canadian

Tetapi dengan menggunakan Google XML Sitemap Generator, nantinya Anda akan lebih cepat dan mudah dalam mengoptimalkan sitemap. Tools yang disediakan tersebut berguna untuk melacak halaman indeks dan juga bisa memberi tahu Google kapan saja Anda memperbaiki situs Anda.

Jadi ketika Anda posting blog baru atau juga membuat sebuah perubahan, plugin ini akan memberi tahu Google untuk memeriksa website Anda, jadi peringkat Anda akan lebih meningkat lagi di depan Google. Ini menjadi bonus untuk Anda, apalagi kita tahu bahwa setiap bulan Google selalu mengindeks website secara normal.

  • Buat landing page ke penjualan lebih cepat

Strategi pemasaran online selanjutnya adalah membuat landing page lebih cepat ke penjualan. etika Anda akan posting produk baru atau juga memerlukan halaman untuk formulir pendaftaran pengunjung, yang Anda gunakan adalah landing page. Alat yang bisa membantu Anda untuk menghasilkan landing dengan mutu tinggi adalah PageBuilder oleh SiteOrigin. Perlu Anda ketahui bahwa ini adalah plugin yang bisa Anda dapatkan secara gratis dengan drag-and-drop interface.

Lebih baiknya lagi, Anda tidak perlu pengetahuan secara teknis untuk menggunakan plugin ini, bahkan Anda bisa membuat halaman dari awal juga bisa menggunakan template yang telah dibuat sebelumnya. Semua ini bisa Anda sesuaikan, jadi nantinya Anda bisa mencantumkan laman sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Anda bahkan bisa membuat landing page sebanyak yang Anda butuhkan. Jadi, semakin banyak landing page yang dimiliki, akan lebih banyak pulang page yang bisa diindeks oleh Google. Maka ini menjadi hal yang bagus untuk SEO Anda.

Jadi kira-kira itu dia tips yang bisa Anda gunakan untuk memanfaatkan WordPress sebagai strategi pemasaran online Anda. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Jika Anda tertarik belajar pemasaran online, Omsetgo solusinya. Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke [email protected]. Kami tunggu kabar baiknya :)