Omsetgo.com - Instagram adalah salah satu sosial media yang digunakan oleh banyak para pebisnis saat ini, sebagai alat pemasaran online. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan Instagram ini untuk alat marketing secara online. Salah satu keuntungan yang bisa didapatkan jika menggunakan sosial media ini adalah strategi pemasaran yang dilakukan bisa secara gratis.

Salah satu fitur yang bisa digunakan untuk pemasaran online adalah Instagram Story. Fitur yang dikeluarkan Instagram sejak 2 tahun yang lalu ini memang sangat menarik perhatian masyarakat, walau disebut-sebut mengikuti snapchat tetapi fitur yang satu ini sepertinya hampir mengalahkan pendahulunya.

Berbagai bentuk-bentuk lucu ditawarkan oleh Instagram story yang bisa Anda coba. Anda pastinya sudah mencoba fitur yang satu ini. Walau hanya tersimpan selama 24 jam saja, ternyata sudah banyak orang yang membagikan cerita mereka di fitur ini.

Ternyata Instagram story tidak hanya digunakan untuk membagikan suatu cerita saja, tetapi juga digunakan oleh orang-orang untuk mengembangkan bisnis mereka. Anda juga bisa mengembangkan bisnis dengan menggunakan Instagram Story, akan tetapi bagaiman cara atau strategi marketing online yang bisa kita lakukan untuk mengebangkan bisnis dengan Instagram Story.

Maka itu berikut ini kami sampaikan kepada Anda beberapa cara simple menggunakan Instagram story untuk marketing, yaitu:

- Buat iklan dengan Instagram Story

 

 Image Source: jagoan hosting

Image Source: jagoan hosting

Untuk membuat iklan Instagram atau pada Instagram Story Anda bisa menggunaan Facebook Manager atau juga Power Editor. Bagi Anda yang belum pernah membuat iklan Instagram Marketing, berikut ini kami beritahu beberapa cara yang harus diperhatikan:

·         Hubungkan page Facebook dengan akun Instagram, mengapa harus dihubungkan? Karena, untuk membuat iklan Instagram hanya bisa di Facebook.

·         Ketika Anda ingin membuat iklan, sasaran target dari kampanye yang akan Anda buat tersebut, maka itu diperlukan memahami calon pelanggan disini.

·         Anda bisa memilih beberapa tujuan dari iklan tersebut seperti Reach, Website Clicks, Mobile App Installs atau Web Conversions. Maksudnya disini adalah nantinya iklan Anda tersebut akan menuju kemana apakah ke website atau aplikasi mobile.

·         Jika ingin membuat Instagram Story untuk marketing silahkan pilih opsi Edit Penempatan, karena ada dua pilihan yaitu Feed dan Stories, Anda bisa pilih yang Stories.

·         Apabila sudah menyiapakan semuanya seperti anggaran dari iklan, jadwal untuk posting iklan, selanjutnya Anda bisa pilih format iklan.

·         Silahkan pilih iklan yang Anda buat dalam bentuk gambar atau video.

·         Setelah itu, silahkan upload file baik itu gambar ataupun video.

·         Jika Anda memilih format video, Anda bisa upload file tersebut dan bisa melihat preview dari video.

·         Jika sudah selesai mengupload  iklan, Anda bisa memasukkan tag untuk kampanye tadi dan bisa juga melacak iklan.

- Pilih desain yang tepat untuk bisnis

Hal pertama yang dilakukan jika ingin menggunakan Instagram story untuk marketing adalah memilih desain yang tepat untuk iklan. Sering sekali orang skip iklan yang Anda buat tersebut jika melihat iklan Anda, jadi Anda harus membuat desain Instagram Story tersebut menarik, dengan begitu orang bisa tertarik dan tidak begitu saja skip iklan Anda tersebut.

Sebelumnya, perlu Anda ketahui bahwa pada iklan Instagram Story marketing, Anda bisa membuat iklan gambar ataupun video yang menarik. Untuk desain gambar yang Anda buat tersebut bisa di edit dengan menggunakan tools secara online.

Jadi, jika Instagram strory Anda memiliki desain lebih bagus orang tentu akan lebih tertarik lagi ketika melihat story Anda. Ukuran yang bisa Anda buat tersebut untuk iklan Instagram bisa dengan resolusi 720p dengan format .MOV, .MP4, dan GIF untuk video dengan durasi 15 detik. Sedangkan, untuk gambar bisa 1080 x 1920 dan rasionya 9:16.

- Sering mengumumkan Diskon

Setelah kita membahas cara pembuatan iklan Instagram Story untuk marketing, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat cara bagaimana orang-orang tertarik untuk melihat iklan dan menghasilkan pengunjung untuk website.

Anda bisa menggunakan hal-hal menarik seperti diskon atau potongan diskon untuk calon pelanggan Anda, dengan begitu nantinya mereka akan lebih tertarik melihat iklan Instagram Anda. Bukan cuma itu, Anda juga bisa memberikan promo-promo lainnya seperti ongkos kirim gratis dengan pembelian minimal Rp 100 rb atau beli 2 gratis 1 dan banyak promo lainnya yang bisa Anda ikuti.

- Menggunakan hashtag

 

 Image Source: buffer blog

Image Source: buffer blog

Jika ingin membuat iklan Instagram story untuk marketing jangan lupa untuk menggunakan hashtag. Apakah hashtag berfungsi dengan baik? Tentu saja, sekarang ini sudah ada hashtag di Instagram Story, jadi akan lebih mudah untuk Anda jika ingin dicari oleh orang lain. Hashtag ini bisa dibilang seperti kata kunci yang ada pada Google, sehingga akan lebih mudah untuk di jumpai.

Demikian beberapa cara simple yang bisa Anda ikuti jika ingin menggunaan Instagram Story untuk marketing Anda.

Jika Anda tertarik dengan srategi sosial media marketing, Omsetgo solusinya. Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke omsetgo@gmail.com. Kami tunggu kabar baiknya :)