Omsetgo.com - Instagram sudah menjadi sosial media paling populer untuk beberapa tahun terakhir ini. Sosial media ini sudah menjadi platform utama untuk membagikan foto atau sekedar menjadi album pribadi untuk banyak orang.

Sudah ada lebih dari 800 juta orang yang telah menjadi pengguna aktif dari Instagram ini, ada banyak juga influencer yang memiliki sejumlah besar followers, pengaruh besar influencer tersebut terhadap followersnya bisa Anda manfaatkan untuk meningkatkan merk dagang Anda.

Selain itu Instagram yang memiliki jutaan pengguna aktif setiap harinya, bisa dimanfaatkan untuk menjual atau memperkenalkan produk baru yang Anda miliki.

Cara promosi yang bisa Anda lakukan di Instagram marketing adalah dengan membuat postingan dengan jenis konten yang relevan dengan followers Anda. Namun, ternyata tidak semua postingan yang dibuat bisa menambah pegunjung atau bahkan pembeli seperti yang sudah ditargetkan.

Berikut ini 5 cara menggunakan Instagram marketing yang sangat berfungsi dengan baik:

-        Pastikan Instagram Anda sudah akun bisnis

Hal pertama yang bisa Anda lakukan pertama kali adalah dengan mengganti dari akun pribadi menjadi bisnis. Apa keuntungan dengan beralih ke akun bisnis? Tentunya akan banyak manfaat yang didapatkan, beberapa keuntungan yang bisa didapatkan adalah:

 

  • Pengunjung bisa mengklik kontak atau website
Image source: HeyRiad

Image source: HeyRiad

Keuntungan pertama yang Anda dapatkan adalah pengunjung atau calon pembeli bisa klik kontak ataupun link website yang Anda miliki tersebut. Jika pengunjung bisa mengakses website Anda melalui Instagram, tentu hal ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda untuk menambah trafik pengunjung ke website.

  • Bisa terbitkan iklan

Selanjutnya, keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika memiliki akun bisnis adalah bisa menerbitkan iklan Instagram dan tidak perlu harus menggunakan alat periklanan dengan menggunakan alat periklanan Facebook.

  • Bisa akses analitik Instagram

Keuntungan ketiga jika menggunakan akun bisnis untuk Instagram marketing yaitu dapatk akses Instagram analitik. Dengan menggunakan Instagram analitik ini Anda bisa mengutahui berapa banyak orang yang mengunjungi profile Anda perminggu dan jangkauan dari profile Anda tersebut.

-        Menggunakan Instagram tools yang gratis

Perlu kita ketahui bahwa profile Instagram, sebenarnya tidak begitu berbeda dengan profile yang ada pada Facebook. Seperti bisa melihat wawasan profile, seperti Anda bisa melihat stasistik dari tayangan, data keterlibatan dari pengunjung dan data lainnya yang masih banyak lagi.

Bukan hanya itu sosial media ini juga menawarkan tools gratis yang bisa digunakan untuk melihat demografi dari pengikut yang Anda miliki, informasi yang diberikan seperti jenis kelamin, usia, lokasi bahkan juga kapan waktu mereka menggunakan sosial media ini.

Tools ini sangat bermanfaat untuk memahami pelanggan dengan karakeristik yang dimiliki mereka. Nantinya setiap karakteristik pelanggan yang dikumpulkan tersebut, berfungsi  untuk membeuat target market, bahkan bisa menyusun strategi pemasaran online Anda.

Ketika sudah memiliki strategi pemasaran online yang efektif, jadi kesempatan untuk mencapai tujuan yang diinginkan pun lebih dekat lagi karena telah memiliki strategi pemasaran online.

-        Posting produk dengan hal menarik lainnya

Kita tahu bahwa Instagram untuk marketing adalah wadah paling bagus untuk mempromosikan suatu jasa ataupun produk. Jika Anda menggunakan Instagram marketing tersebut dengan benar, Anda tidak akan membuat spam dengan isi Instagram hanya iklan saja. Jika Anda bersikeras ingin melakukan hal yang sama seperti yang dulu, nantinya followers Anda tersebut malah pergi karena bosan dengan iklan yang setiap hari Anda posting.

Cara yang bisa dilakukan untuk promosi produk adalah dengan membuat produk menjadi terlihat menarik. Contohnya adalah dengan memberi diskon atau peluncuran aplikasi baru dengan gambar yang menarik dan tidak membosankan tentunya. Dengan cara tersebut Anda bisa berjualan akan tetapi dengan cara yang halus.

Jika seperti itu pengikut Anda tidak akan kabur atau bosan dengan iklan yang diposting setiap harinya.

-        Gunakan iklan berbayar

Cara selanjutnya dalam menggunakan Instagram marketing yang sangat berfungsi dengan baik adalah menggunakan iklan berbayar. Cara lama yang digunakan untuk promosi hanya bisa ditunjukkan kepada pengikut Anda. Tetapi, akan berbeda jika Anda menggunakan iklan berbayar ini, Instagram bisa menargetkan target market yang ingin Anda tuju.

 

Image Source: TNW

Image Source: TNW

Dengan begitu kesempatan untuk mendapatkan audiens baru atau pengunjung baru akan lebih besar lagi, karena jangkauan yang ditargetkan oleh Instagram untuk marketing cukup luas daripada sebelumnya.

Kami sarankan ketika Anda menggunaan iklan berbayar ini ada baiknya menggunakan konten yang bersponsor dimana nantinya bisa menarik demografi target yang telah Anda tempatka tersebut. Selain itu, Anda pun bisa mengubah postingan yang ada pada iklan, maka ada baiknya memperhatikan postingan teratas Anda.

Ada baiknya Anda menjalankan beberapa pos kepada audiens dengan cara yang berbeda dengan waktu postingan yang sama. Selain itu, ada beberapa jenis iklan berbayar pada Instagram untuk marketing, yaitu:

·         Foto, iklan yang ditampilkan dalam bentuk foto dan ada juga caption didalamnya.

·         Video, iklan yang ditampilkan dalam bentuk video.

·         Carousel, iklan dengan banyak gambar didalamnya

·         Stories, iklan yang muncul ketika target melihat story dan ada iklan Anda muncul pada saat itu.

-        Bekerja sama dengan Influencer

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah bekerja sama dengan influencer. Seperti yang kita bahas diatas bahwa influencer ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan nilai brand dari produk yang Anda miliki. Karena influencer ini umumnya  memiliki pengaruh yang besar terhadap followersnya, jadi berfungsi untuk Anda dalam mempromosikan produk atau jasa yang dimiliki.

Jadi nantinya Anda akan membayar kepada influencer tersebut untuk mempromosikan produk/jasa Anda. Jangan khawatir dengan harganya karena harga yang umumnya diberikan tersebut sangat terjangkau dan tidak akan merugikan Anda sekalian.

Artikel Terkait: https://www.omsetgo.com/case-study-blog/2018/2/23/5-kesalahan-ketika-menjalankan-instagram-marketing

Kira-kira itu dia 5 cara yang bisa Anda ikuti untuk menggunakan Instagram marketing dalam meningkatkan bisnis yang Anda miliki. Ketika Anda serius menjalankan strategi-strategi yang kami berikan tersebut, dapat dipastikan bahwa bisnis akan berkembang dengan segera. Jangan khawatir dan tetap semangat selalu cari-cari informasi terupdate yang bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis Anda. Semoga berhasil dan sukses selalu.

Jika Anda tertarik dengan srategi sosial media marketing, Omsetgo solusinya. Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke [email protected]. Kami tunggu kabar baiknya :)