Omsetgo.com - Sekarang ini Wordpress adalah salah satu platform yang memiliki pengguna terbesar di dunia. Mungkin, Anda juga orang yang memiliki website dengan platform Wordpress. Dalam Wordpress ada namanya plugin yang merupakan sudah bukan lagi hal yang asing, plugin adalah tools yang digunakan untuk membantu mempermudah mengatur website. Plugin juga bisa meningkatkan user experience pada website dimana fungsinya agar bisa mempermudah pelanggan ketika menggunjungi website Anda tersebut.

Plugin di Wordpress tersebut tidak hanya sekedar sebagai tools biasa saja, tetapi bisa juga Anda gunakan agar strategi marketing online lebih mudah lagi. Apa saja plugin yang bagus untuk memajukan bisnis online kita?

Berikut ini kami sampaikan berbagai plugin di Wordpress yang bisa Anda gunakan untuk kemajuan bisnis:

1.      Yoast SEO

Plugin pertama yang bisa Anda gunakan untuk strategi marketing online yang disediakan oleh Wordpress yaitu Yoast SEO.

Tujuan banyak orang untuk membuat suatu website adalah agar orang-orang dapat mengenal website mereka bisa juga untuk berjualan. Tetapi, bagaimana cara agar mereka bisa berjualan atau orang-orang bisa mengenal mereka? Caranya, pasti dengan menarik pengunjung ke website agar bisa menghasilkan traffic yang diinginkan. Bagaimana cara mengahasilkan traffic? Salah satunya adalah dengan menggunakan strategi SEO (Search Engine Optimization).

 

 Image Source: Blogdolar

Image Source: Blogdolar

Ada banyak strategi yang bisa dilakukan dengan menggunaan SEO ini, selain itu Google pun memiliki beberapa algoritma yang harus diikuti oleh praktisi marketing online dalam menjalankan SEO. Untung sekarang ini sudah ada Yoast SEO yang bisa membantu untuk pengerjaan SEO secara on-page menjadi lebih mudah. Yoast SEO bisa membantu fokus pada konten yang lebih baik dengan menggunakan SEO yang sudah teroptimasi.

Plugin ini bisa membantu Anda untu bagaimana membuat konten yang bagus, sehingga bisa meningkatkan rangking dihalaman pencari. Yoast SEO secara spesifik mendata apa saja yang bisa Anda perbaiki dan apa saja yang sudah bagus pada konten. Plugin ini akan meminta kata kunci atau keyword apa saja yang ingin Anda targetkan, selanjut itu image alt, heading dan description dan seluruh post juga akan diperiksa. Bahkan, Anda juga akan diberi tahu bagaimana cara mengatur text dan image di post untuk meningkatkan usability ataupun visability yang terdapat di search engine.

2.      Google XML Sitemaps

Selain menggunakan SEO untuk meningkatkan pengunjung ke website, kita juga butuh Google cepat mengindeks setiap halaman yang dibuat agar bisa ditempatkan pada rangking halaman pencari. Maka, search engine seperti Google ini membutuhkan sitemap dari website Anda. Sebelumnya, perlu Anda ketahui dahulu bahwa sitemap adalah suatu file untuk panduan yang berguna untuk membantu mesin pencari tersebut dalam mengakses ataupun mengindeks situs dengan benar.

 

 Image Source; wordpress

Image Source; wordpress

Plugin yang Anda butuhkan untuk masalah tersebut di Wordpress agar strategi marketing online berjalan lancar adalah Google XML Sitemaps. Plugin ini membantu Anda untuk membuat sitemap dinamis dari situs Wordpress yang sama dengan Bing, Yahoo dan Google. Nantinya, plugin lah yang memberi tahu mesin pencari jika ada setiap perubahan pada website Anda tersebut.

3.      MonsterInsights

Bagaimana Anda melihat apakah strategi marketing online yang Anda lakukan tersebut berhasil atau tidak? Pastinya, harus ada sebuah indikator keberhasilan atau sebuah data yang menampilkan apakah strategi berjalan dengan lancar.

Wordpress menyediakan plugin bernama MonsterInsights, yang berfungsi untuk melacak traffic pada website. Informasi yang dikumpulkan oleh MonsterInsights ini dapat membantu Anda mengetahui sampai mana strategi pemasaran online keberhasilan suatu strategi. Bahkan, bukan hanya itu data tersebut bisa menjadi patokan Anda untuk membuat strategi selanjutnya.  Karena, dalam data tersebut memberikan data yang bagus tentang target audience Anda tersebut.

 Image Source: Gaze and Stare

Image Source: Gaze and Stare

Sekarang ini, sudah lebih dari 1 juta pemasang aktif yang menggunakan plugin tersebut. MonsterInsights ini juga membantu alat untuk analisa yang bagus karena bisa membuat integrasi Wordpress dengan Google Analytic sehingga akan lebih mudah. Jadi, dengan meggunakan MonsterInsights ini akan lebih mudah bagi Anda untuk melihat strategi marketing online Anda berhasil atau tidak, bahkan bisa berkaca dari sini apakah strategi tersebut berhasil.

4.      Jetpack

Ada ribuan plugin yang tersedia dan bisa Anda gunakan, akan tetapi pastinya tidak semua plugin harus Anda gunakan. Memang, memiliki banyak plugin di website ada baiknya, tetapi perlu Anda ketahui bahwa jika menambahkan plugin terlalu banyak dan melebihi kapasitas website, maka resikonya website tersebut akan menjadi lambat. Akibatnya pengunjung Anda akan kecewa ketikan mengunjungi website.

 Image Source: Thidiweb

Image Source: Thidiweb

Jangan khawatir Wordpress menyediakan plugin Jetpack yang menyediakan beberapa fitur untuk membantu Anda. Bahkan, perlu Anda ketahui bahwa Jetpack ini merupakan suatu plugin yang harus Anda miliki. Bisa dibilang ini juga plugin yang wajib, karena seperti yang sudah dibahasi di atas bahwa memiliki beberapa fitur seperti plugin untuk melacak pengunjung atau bisa juga untuk meningkatkan social share. Dan,menariknya semua fitur yang Anda dapatkan itu gratis untuk menjalankan startegi marketing online.

Nantinya, Anda juga berkesempatan untuk menambahkan fitur tambahan yang lebih lagi yang diinginkan misalnya perlindungan untuk spam SEO tools, backup harian atau lainnya untuk mempermudah lagi strategi marketing online Anda.

Demikian beberapa plugin yang bisa Anda gunakan untuk lancarkan strategi marketing online Anda. Semoga semua informasi yang kami berikan di artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Selamat mencoba semoga sukses.

Jika Anda tertarik dengan  strategi digital marketing, Omsetgo solusinya. Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke omsetgo@gmail.com. Kami tunggu kabar baiknya :)