Omsetgo.com - Ada banyak strategi marketing online yang bisa dijalankan untuk bisnis Anda. Mulai dari SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing) hingga sosial media. Semua strategi tersebut sangat efektif memberikan pelanggan baru kepada Anda dengan beberapa proses.

Akan tetapi, kira-kira apakah hanya itu saja strategi pemasaran online yang bisa dijalankan? Tentu saja tidak, ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menarik konsumen menjadi pelanggan Anda, salah satunya adalah dengan mencantumkan review konsumen di website atau di sosial media. Tujuannya tentu agar orang-orang lebih percaya dengan bisnis yang sedang Anda jalankan tersebut.

Kita memang ada baiknya untuk selalu memberikan informasi menarik kepada calon pelanggan, agar mereka tertarik untuk membeli produk di bisnis kita. Tetapi, sama seperti toko offline biasanya dimana orang-orang akan membeli barang yang mereka butuhkan di toko yang sudah memang terpercaya atau direkomendasikan teman-teman. Maka itu, begitu juga dengan toko online ini juga memerlukan suatu review positif dari konsumen lainnya agar membuat calon konsumen menjadi percaya. Tetapi, bagaimana cara menjalankan strategi pemasaran online yang satu ini?

Berikut ini kami beritahukan beberapa strategi marketing online terbaik bisa Anda ikuti untuk mendapatkan review konsumen:

1. Berikan pelayanan yang terbaik

Jika Anda ingin mendapatkan review gratis dari pelanggan, Anda bisa memberikan pelayanan terbaik kepada mereka. Pastinya, pelanggan yang suka dengan pelayanan Anda tidak akan segan-segan untuk memberikan review di toko Anda tersebut. Bahkan, jika mereka mau bisa saja mempromosikannya kepada teman-teman mereka.

 

Source: puncak views

Source: puncak views

Akan tetapi, kira-kira bagaimana pelayanan terbaik tersebut dan memberi pengalaman yang baik kepada pelanggan? Yaitu ramah ketika mereka menyapa Anda dan bertanya-tanya tentang produk Anda tersebut. Jangan kesal atau bete apabila mereka hanya bertanya-tanya saja tentang produk Anda. Selain menjawab pertanyaan mereka dengan ramah, strategi pemasaran online lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberi pelayanan setelah pembelian. Seperti memberi diskon khusus melalui email blast atau memberi tahu mereka tentang diskon dan promo-promo menarik. Anda juga bisa mengucapkan ulang tahu untuk pelanggan yang sudah loyal kepada Anda, dengan begitu mereka akan merasa terkesan dengan pelayanan tersebut.

2. Perhatikan kualitas produk

Selain memberi pelayanan terbaik, jangan lupa juga untuk memperhatikan kualitas produk Anda. Kualitas produk dengan harga yang wajar, lebih disukai oleh pelanggan dibanding dengan produk dengan harga murah, tetapi mengecewakan.

Jika begitu, pelanggan tidak akan segan untuk memberikan review positif kepada website Anda tersebut. Apalagi jika Anda menyatukan atau menggabungkan antara pelayanan terbaik dan kualitas produk, pastinya konsumen akan lebih terkesan dengan toko Anda tersebut.

Ketika Anda suadh pasti memberikan pelayanan terbaik dan menjamin produk dengan kualitas yang baik, Anda bisa saja memberikan review untuk bisnis online tersebut.

3. Sering kasih diskon

Selain memberikan pelayanan dan menjamin kualitas produk yang bagus, apabila sering memberikan diskon juga akan memberikan kesan yang baik bagi pelanggan. Diskon atau promo-promo yang Anda berikan tersebut bisa disesuaikan dengan evet-event tertentu untuk orang-orang yang sudah Anda pilih. Selain itu, Anda juga bisa memberikan ongkos kirim gratis untuk minimal pembelian, jangan khawatir bila nantinya Anda akan rugi. Karena, hal yang perlu dilakukan saat ini adalah memberikan yang terbaik untuk pelanggan atau calon pelanggan Anda. Tanpa adanya pelanggan, kita tidak pernah berkembang atau bisa bertahan lama.

 

Source: Tribun Jogja

Source: Tribun Jogja

Dengan begitu, pelanggan tersebut akan merasa di buat spesialis, sehingga mereka akan terus mengingat Anda dan akhirnya memberikan review yang bagus untuk mereka.

4. Kasih hadiah untuk mereka yang beri review unik

Strategi marketing online selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memberi hadiah atau merchandise untuk pelanggan yang memberikan review dengan kata-kata yang unik atau cara yang unik pula. Biasanya, orang-orang zaman sekarang lebih suka dengan hal yang unik dan tidak biasa. Memang cara ini akan membuat Anda mengeluarkan dana untuk memberi hadiah. Tetapi, hal ini bisa memberikan dampak jangka panjang untuk bisnis online yang Anda jalankan tersebut.

Demikian beberapa strategi marketing online yang bisa dijalankan jika ingin mendapatkan review konsumen Anda. Kami sarankan kepada Anda, jangan anggap remeh review dari konsumen ini, karena pastinya hal ini bisa memberikan dampak positif untuk perkembangan bisnis.

Jika Anda tertarik dengan  strategi digital marketing, Omsetgo solusinya. Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke [email protected]. Kami tunggu kabar baiknya :)