Omsetgo.com - Kita tahu bahwa sekarang ini strategi marketing online merupakan strategi paling banyak yang digunakan oleh orang-orang. Hal ini dikarenakan strategi dengan marketing online ini tidak memerlukan banyak biaya, tetapi memberikan dampak yang luar biasa untuk bisnis online.

Walau strategi marketing online ini adalah cara pemasaran yang paling tepat dan efisien, akan tetapi ternyata ada beberapa orang yang asal saja atau mereka tidak tahu bagaimana sebenarnya strategi paling tepat untuk marketing online yang bisa dijalankan. Ada banyak orang yang menganggap bahwa menjalankan marketing online adalah hal yang mudah. Padahal ada banyak hal yang harus diperhatikan bila ingin menjalankan marketing online satu ini. Tujuannya tentu agar Anda mendapatkan banyak keuntungan dan tidak merasa rugi, karena strategi Anda tidak berjalan dengan baik.

Untuk membantu Anda dalam menjalankan strategi marketing online Anda tersebut, maka kami membantu Anda merangkum beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang saat menjalankan strategi untuk marketing online.

Berikut ini 6 kesalahan strategi marketing online yang sering dilakukan oleh orang banyak, yaitu:

1. Tidak memanfaatkan website dengan baik

 Source: sekolahim

Source: sekolahim

Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh orang-orang adalah tidak memanfaatkan website mereka dengan baik untuk bisnis. Ketika menjalankan strategi marketing online, banyak yang memiliki website. Tetapi, sayangnya website yang mereka miliki tersebut hanya untuk formalitas semata. Padahal, jika dikelola dengan baik pastinya akan lebih memberikan keuntungan yang lebih besar lagi untuk Anda. Mereka yang tidak memanfaatkan websitenya dengan baik, umumnya menjalankan marketing secara online hanya dengan sosial media marketing saja. Salah satu contoh sosial media yang paling banyak digunakan saat ini adalah Instagram, jadi dikarenakan mereka menilai sosial media ini cukup efektif jadi mereka meninggalkan websitenya. Akhirnya, dimana harusnya mereka bisa mendapatkan pelanggan dari setiap saluran, akhirnya pelanggan hanya didapat di Instagram saja.

Kalau Anda bisa memanfaatkan website dengan baik, Anda bisa menggunakan strategi digital marketing SEO (Search Engine Optimization). Untuk menjalankan strategi ini tidak banyak biaya yang harus Anda keluarkan, karena semua strateginya dapat Anda jalankan secara gratis.

2. Menganggap sosial media marketing enteng

Beranggapan bahwa sosial media marketing merupakan hal yang enteng, merupakan kesalahan strategi marketing online selanjutnya. Sebelumnya, kita sudah membahas bahwa ada orang yang tidak memanfaatkan website mereka dengan baik untuk bisnis online mereka, selain itu ada pula yang juga menganggap bahwa sosial media marketing adalah hal yang enteng. Ada banyak perusahaan yang sadar bahwa mereka butuh sosial media untuk membangun bisnis mereka, namun ternyata ada beberapa yang menganggap ini adalah hal yang mudah. Akhirnya, mereka malah mempercayakan kegiatan sosial media marketing tersebut kepada fresh graduate dan orang baru yang belum mengerti pemasaran, karena mereka menilai anak-anak fresh graduate lebih mengerti ketika menjalankan sosial media marketing.

Mejalankan strategi sosial media marketing, hampir sama dengan strategi pemasaran lainnya, Anda harus memiliki strategi yang bagus jika ingin pemasaran yang satu ini bisa berjalan dengan baik. Jadi, kami menyarankan kepada Anda agar jangan pernah lagi mengangap enteng atau hal biasa, karena hasilnya yang ada menjadi hal biasa juga.  

3. Salah membuat target pemasaran

Selanjutnya, kesalahan yang terjadi dan sering dilakukan adalah  ketika Anda ternyata salah menargetkan pengunjung atau target pemasaran. Ada banyak orang yang tidak memperhatikan target pemasaran mereka, akhirnya tidak mengetahui strategi pemasaran apa yang paling tepat dan bisa dijalankan untuk tersebut. Strateginya hanya dijalankan begitu saja, tanpa ada tujuan yang jelas.

 

 Source: surya semesta

Source: surya semesta

Jika kita sudah menyusun dengan baik target pemasaran dan pengunjung, nantinya pun bisa menyusun strategi marketing dengan baik. Apalagi jika Anda sudah tahu karakterisitk dari pelanggan dan pengunjung, Anda bisa mengetahui apa saja kesukaan mereka, bagaimana sebaiknya membuat strategi marketing online yang benar, gambar apa yang mereka minati, hingga Anda bisa mengetahui darimana mereka berasal.

Akan tetapi, bagaimana cara kita mengetahui target pemasaran dan pengunjung ini? Caranya cukup mudah, Anda bisa menggunakan fitur yang ditawarkan oleh Facebook Ads atau Google AdWords, disana Anda nantinya bisa mengetahui karakteristik-karakterisik dari pengunjung Anda.

4. Tidak menganalisa pesaing dengan baik

Kesalahan selanjutnya tentang strategi marketing online yang sering dilakukan oleh orang-orang adalah sering tidak menganalisa pesaing dengan baik. Dengan menganalisa pesaing dengan baik, Anda bisa melihat strategi mereka. Tidak ada salahnya jika kita ingin mengikuti strategi dari pesaing, asalkan tidak mencontek karya mereka itu semua tidak masalah atau Anda juga bisa memodifikasi strategi tersebut menjadi lebih efektif lagi. Selain melihat strategi mereka yang berhasil, Anda juga bisa menghindari strategi mereka yang tidak berhasil atau malah memberikan kerugian.

Kalau tidak menganalisa pesaing, nantinya bisnis yang Anda jalankan tersebut tidak memiliki perbandingan atau bahkan Anda menjadi tidak mengerti informasi paling terkini dari dunia digital marketing. Bahkan, ketika Anda menganalisa pesaing Anda bisa menghindari beberapa strategi yang ternyata berbahaya.

Perlu kita ketahui, bahwa marketing online ini berhubungan dengan teknologi, jadi selalu ada sesuatu yang diperbaharui dan dikembangkan untuk menjadi lebih baik lagi. Agar Anda ketinggalan, maka salah satu caranya adalah dengan menganalisa dan melihat strategi pesaing Anda dengan baik.

5. Hanya fokus pada kuantitas tidak kualitas

Kesalahan kelima selanjutnya yang sering dilakukan oleh orang-orang adalah hanya fokus pada kuantitas dan tidak mempedulikan kualitas. Padahal, karena kita sedang menarik perhatian si Google agar mendapat rangking satu dan membuat trafik ke website menjadi meningkat, salah satu caranya adalah dengan menjalankan stratego marketing online SEO.

 Source: cretivityismyvision

Source: cretivityismyvision

Bisa dikatakan untuk strategi digital marketing SEO ini cukup rumit, ada banyak hal yang harus Anda perhatikan. Mulai dar website yang harus memiliki kecepatan dan user friendly hingga konten-konten yang Anda sajikan pun harus berkualitas. Khususnya untuk pembuatan konten, agar Google memberikan peringkat sesuai dengan kata kunci yang Anda targetkan kami sarankan agar membuat konten yang berkualitas. Sering sekali, para praktisi digital marketing ini lebih mengutamakan kuantitas suatu blog yang link ke website mereka, daripada kualitas dari blog tersebut.

Maka, jika Anda ingin dipandang layak mendapat rangking oleh Google, kami sarankan agar lebih memperhatikan kualitas dari kuantitas.

6. Tidak jalankan strategi after sales

Tidak menjalankan strategi after sales adalah kesalahan selanjutnya yang sering dilakukan ketika menjalankan strategi marketing online. Mungkin, ini terlihat spele tapi sadarkah Anda bahwa orang-orang akan lebih senang dan mengingat toko Anda jika diberikan pelayanan after sales. Apa maksudnya? Anda memberikan pelayanan kepada Anda setelah pembelian. Contoh pelayanan atau interaksi yang bisa Anda lakukan setelah itu adalah rajin memberi tahu kepada mereka melalui email blast atau sms blast bahwa bisnis Anda mengadakan sebuah promo besar-besar an. Selain itu, bisa juga dengan memberi diskon khusus untuk pelanggan Anda tersebut.

Maka, jika seperti itu pelanggan Anda tersebut pun ada kemungkinan akan kembali lagi kepada Anda, ketika mereka membutuhkan sesuatu dan akhirnya nanti menjadi pelanggan setia Anda.

Demikian 6 kesalahan dari strategi marketing oline yang sering dijalankan oleh orang-orang. Agar Anda tidak melakukan kesalahan yang sama, kami sarankan agar memahami dengan baik beberapa kesalahan-kesalahan tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dalam menjalankan strategi marketing online Anda.

Jika Anda tertarik dengan  strategi digital marketing, Omsetgo solusinya. Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke omsetgo@gmail.com. Kami tunggu kabar baiknya :)