Omsetgo.com - Strategi pemasaran online saat ini sudah menjadi cara orang yang untuk berbisnis. Bagi banyak orang strategi ini adalah yang paling ampuh untuk menghadapi perkembangan zaman sekarang. Teknologi yang berkembang saat ini mengubah cara hidup orang, mulai dari belanja hingga berbisnis. Orang-orang sudah mulai mundur perlahan dari cara tradisional atau konvesional, khususnya untuk anak muda sekarang, lebih tertarik dengan dunia digital untuk bisnis mereka.

Rasanya, tidak ada satu hari pun untuk kita bisa mengabaikan internet. Maka itu, ini dimanfaatkan dengan baik oleh banyak orang dalam berbisnis. Mungkin, Anda adalah salah satunya. Jika Anda ingin mengembangkan bisnis dengan menggunakan dunia digital, kami menyarankan ada baiknya Anda untuk sudah mengomptimalkannya dari hari pertama, agar nantinya bisnis lebih cepat berkembang. Ada banyak strategi pemasaran online yang bisa Anda pelajari, akan tetapi bagaimana dengan alat atau tools yang bisa kita gunakan?

Neil Patel sebagai praktisi digital marketing,  memiliki beberapa rekomendasi terbaik untuk tools atau alat yang bisa digunakan untuk mengembangkan strategi pemasaran online Anda. Kira-kira apa sajakah itu?

Berikut ini 5 alat untuk strategi pemasaran secara online yang bisa digunakan, diantaranya:

-        Trello

Trello adalah alat untuk digital marketing yang hebat dan bisa membantu tim pemasaran online Anda untuk mengembangkan bisnis. Dengan menggunakan Trello Anda bisa dibantu untuk mengelola proyek dan memiliki halaman yang sama dengan tim, ini adalah praktik dari pemasaran digital marketing yang tepat jika ingin memiliki waktu yang efisien. Contohnya ketika Anda menggunakan Trello Anda bisa membagikan posting blog sebelum mempublikasikannya. Hal ini bisa memberi kesempatan untuk orang lain untuk meriew atau meninjau postingan tersebut. Dengan adanya, tinjauan dari mereka tersebut nantinya akan memberi perubahan yang bisa membuat postingan Anda tersebut lebih kuat sebelum ditanyangkan.

 

Image source: Zapier

Image source: Zapier

Sebelum Trello orang-orang menggunakan program yang hampir sama dengan ini yaitu email. Email merupakan alat yang sampai sekarang masih digunakan oleh orang-orang untuk berkolaborasi dengan tim mereka. Akan tetapi, untuk email ini membuat banyak orang bingung pada tingkat tertentu yang bisa menyebabkan kebingungan misalnya seperti pesan yang banyak hingga bisa terlewat.

-        Google Analytic

Google analytic adalah sebuah alat dari Google yang bisa membantu Anda untuk meganalisa setiap strategi pemasaran online. Menurut Neil, alat ini merupakan salah satu alat yang penting, jadi ketika Anda memulai strategi digital marketing, Anda harus memiliki alat ini dahulu. Untuk menambahkan kode Analytic ke website Anda, hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Kegunaan menanam kode analytic ke website adalah agar memudahkan Google Analytic untuk melacak setiap tindakan pengunjung di website. Beberapa orang menganggap bahwa ini hanyalah trafik biasa, walau sebenarnya ini bisa berdampak lebih besar untuk strategi pemasaran secara, Anda bisa mengetahui apa saja yang sudah dilakukan.

 

Image Source: Google Analytic

Image Source: Google Analytic

Ketika Anda melakukan strategi digital marketing dengan campaign yang dibuat, sehingga menghasilkan trafik pengunjung ke website. Data tersebut bisa digunakan untuk menentukan strategi selanjutnya yang bisa digunakan untuk masa depan.

Alat Google Analytic ini bukan hal yang harus diabaikan, semua data yang dikumpulkan tersebut, sangat berharga untuk strategi Anda.

-        HubSpot

HubSpot merupakan alat pemasaran online yang menyediakan Anda akses ke berbagai alat secara keseluruhan, hanya dengan menggunakan perangkat lunak yang satu ini. Tidak ada alat satu pun yang terlewat ketika Anda menggunakan perangkat lunak untuk strategi pemasaran online yang satu ini, jadi ini merupakan alat yang paling tepat harus Anda miliki. Akses kemana saja yang bisa kita dapatkan jika menggunakan alat yang satu ini, yaitu:

·         Blogging

·         SEO

·         Media sosial

·         Situs web

·         Manajemen Prospek

·         Halaman Arahan

·         Panggilan-untuk-Aksi

·         Otomasi Pemasaran

·         E-mail

·         Analytics

Beberapa alat tersebut bisa Anda dapatkan dapatkan hanya dengan menggunakan Hubspot.

-        Hootsuite

Kita tahu sekarang ini media sosial adalah sebuah wadah yang sangat berperan besar dalam strategi pemasaran online, sehingga juga memiliki peran dalam perkembangan sebuah perusahaan. Industri jenis apapun itu, seeberapa besar pun perusahaan tersebut atau berapapun usia dari perusahaan tersebut, sosial media tetap dibutuhkan dalam perkembangan di era digital ini.

 

Hootsuite adalah alat yang paling tepat dan membantu Anda untuk mengelola postingan di media sosial, sehingga bisa menghemat waktu Anda. Dengan Hootsuite Anda bisa menjadwalkan konten yang akan ditampilkan.

Image source: Hootsuite

Image source: Hootsuite

Banyak fitur yang disediakan oleh alat yang satu ini untuk membantu Anda dalam menjalankan strategi pemasaran online ini, diantaranya:

·         Bisa indentifikasi Influencer, sehingga bisa mempermudah tim pemasaran atau tim penjualan Anda. Karena, bisa mengindetifikasi influencer yang tepat dan meningkatkan penjualan dengan menggunakan Influencer.

·         Balas komen dan mentions, bisa memudahkan Anda untuk membalas, menyebutukan atau melakukan hal apapun dengan hanya menggunakan satu dasbor saja. Anda tidak perlu lagi pergi ke masing-masing patform, jadi bisa menghemat waktu.

·         Bisa juga memanfaatkan tanggapan pada sebelum tertulis.

Dengan alat yang satu strategi pemasaran online tidak lagi sesulit yang Anda pikirkan. Ada lebih dari 30 platform yang bisa digunakan di Hootsuite. Ketika Anda ingin mendapatkan lebih dari 30 platform, Anda harus bersedia membayar. Tetapi, untuk versi gratisnya Hootsuite menawarkan 3 paltform media sosial saja.

-        MailChimp

Kita sudah membicarakan pemasaran online dengan menggunakan media sosial yang pastinya sangat efektif, sekarang kita akan membicarakan pemasaran dengan menggunakan email. Walau, beberapa orang berpendapat ini tidak lagi berfungsi dengan baik, tetapi masih ada banyak perusahaan baik B2B atau B2B yang menggunakan strategi pemasaran online email ini. Sama dengan Google Analytic, alat satu ini bukanlah alat yang harus Anda tunggu-tunggu. Anda harus segera melakukan strategi ini diawal memulai pemasaran online.

 

Source: Mailchimp

Source: Mailchimp

Alat yang bisa digunakan untuk memulai strategi pemasaran online dengan email adalah MailChimp.  Pernah dengar alat ini? Sekarang ini, MailChimp telah memiliki lebih dari 12 juta pelanggan, hal ini menyatakan bahwa MailChimp adalah jasa penyedia email teratas di dunia. Walau, masih ada banyak banyak patform penyedia jasa email, tetapi MailChimp masih tetap yang terbaik untuk strategi digital marketing.

MailChimp bisa diakses secara gratis ataupun berbayar. Untuk yang gratis MailChimp memberikan paket pengunjung 2.000, maksudnya adalah Anda bisa mengirim email kepada kurang lebih 2.000 pegunjung atau pelanggan Anda. Tetapi, jika Anda memiliki lebih dari 2.000 pelanggan untuk menambahnya Anda bisa menggunakan yang berbayar.

Demikian 5 alat yang bisa Anda gunakan untuk strategi pemasaran online sekarang juga ala Neil Patel. Masih banyak sebenarnya alat lainnya yang bisa Anda gunakan, tetapi untuk kelima ini adalah yang terbaik, sehingga Anda bisa terlebih dahulu menggunakan beberapa alat utama tersebut seperti Google Analytics, Hootsuite dan Mailchimp. Ketika menggunakan alat utama tersebut, baru Anda bisa melanjutnya dengan beberapa alat lainnya untuk memudahkan strategi pemasaran Anda.

Jika Anda tertarik dengan strategi pemasaran online lainnya, Omsetgo solusinya. Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke [email protected]. Kami tunggu kabar baiknya :)