Omsetgo.com - Pernah dengar istilah brand awareness? Brand awareness adalah suatu istilah yang menggambarkan kemampuan konsumen atau pelanggan dalam mengingat suatu merek/brand dari nama, logo, gambar bahkan slogan-slogan dari suatu perusahaan. Jika konsumen atau pelanggan bisa mengingat dengan baik suatu brand atau merek, ini bisa menjadi keputusan mereka untuk membeli/menggunakan produk atau jasa. Sehingga, kesempatan untuk memasarkan produk akan lebih mudah. Banyak orang yang akan lebih memilih membeli atau menggunakan produk dan layanan yang sudah terpercaya atau dikenal baik oleh mereka.

Kalau brand awareness begitu penting, bagaimana cara membangunnya untuk perusahaan yang baru berkembang? Berikut ini kami berikan strategi pemasaran online yang tepat untuk membangun brand awareness:

1. Anda Bisa Menggunakan Konten Marketing

 Image Source: Maxmanroe

Image Source: Maxmanroe

Konten marketing adalah strategi pemasaran online pertama yang bisa digunakan untuk membangun brand awareness. Ketika Anda akan membuat konten marketing, ada baiknya membuat suatu artikel yang menarik dengan isi yang relevan, berisi informasi yang dibutuhkan dan tentu isinya memiliki nilai. Tujuan dari dibuatnya konten marketing ini adalah sebagai media Public Relation yaitu membangun citra perusahaan atau bisnis yang baik di mata masyarakat sehingga bisnis yang dijalankan tersebut dapat dipercaya. Anda bisa memberikan informasi-informasi menarik kepada calon pengunjung, misal jika Anda memiliki bisnis startup apotek online yang menyediakan antar obat dari apotek. Materi konten marketing yang bisa Anda sampaikan tersebut seperti tentang kesehatan atau tips-tips kesehatan. Dengan begitu calon pengunjung pun menjadi tertarik dengan brand Anda.

2. Influencer Marketing Juga Penting

 Image source: M&C Saatchi PR

Image source: M&C Saatchi PR

Jika Anda sudah membuat konten marketing, strategi pemasaran online selanjutnya adalah dengan menggunakan influencer marketing. Perlu diketahui bahwa influencer marketing adalah suatu strategi pemasaran yang bisa Anda lakukan dengan menggunakan Youtube, blog atau sosial media. Sebelumnya, influencer adalah mereka yang memiliki followers besar di Youtube, sosial media dan blog. Biasanya para influencer tersebut memiliki pengaruh besar terhadap followers mereka di media-media tersebut. Sehingga, ini sangat cocok Anda lakukan untuk bangun brand awareness. Dalam bahasa masyarakat awam ini dinamakan endorse, jadi Anda memberikan produk yang dijual atau membayar mereka dengan sejumlah uang untuk mempromosikan produk Anda.

3. Jangan Lupa Dengan Sosial Media Marketing

 

social-media-marketing-2353347_640 (1).png

Jika Anda sudah menggunakan influencer marketing untuk strategi pemasaran online, bukan berarti Anda tidak perlu lagi memiliki sosial media marketing. Hal ini juga dibutuhkan untuk membangun brand awareness, agar calon pembeli atau pengunjung bisa lebih mengenal brand atau perusahaan Anda dengan sangat baik. Sosial media juga dibutuhkan sebagai tempat layanan customer agar mereka bisa memberikan kritik dan saran kepada perusahaan atau brand Anda sendiri. Dengan begitu konsumen akan memiliki pengalaman yang baik dengan Anda, sehingga mereka bisa datang kapan saja untuk membeli atau menggunakan layanan Anda lagi.

4. Memberikan Merchandise Juga Penting

 

 Image Source: studio kreatif

Image Source: studio kreatif

Memberikan merchandise juga merupakan hal penting perlu Anda lakukan. Ini merupakan strategi pemasaran online yang efektif, karena bisa memberikan pengalaman yang baik untuk pengunjung Anda. Salah satu contoh merchandise yang bisa Anda berikan tersebut adalah seperti voucher atau hadiah menarik lainnya untuk customer setia, bisa juga diberikan kepada customer yang membeli produk dengan pembelian lebih dari Rp 200.000 dan hal-hal lainnya yang terpenting customer memiliki pengalaman yang baik untuk Anda.

5. Word of Mouth Marketing

 Image Source: Unprint

Image Source: Unprint

Dari semua strategi pemasaran online diatas semua itu bisa bermanfaat untuk Word of Mouth marketing. Ini adalah strategi dari mulut ke mulut, seperti yang dikatakan diatas untuk membangun strategi pemasaran online ini Anda harus memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan atau calon pembeli Anda. Dengan begitu mereka akan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, jika mereka mendapat pelayanan yang menyenangkan dengan sukarela mereka akan bercerita kepada orang lain tentang pengalaman hebat yang sudah dirasakan. Orang lain pun dengan sukarela akan mendengarkan pengalaman yang hebat tersebut. Jadi, dengan kata lain Anda sedang dipromosikan secara gratis.

Jadi itu dia strategi pemasaran online yang bisa dilakukan untuk membangun brand awareness perusahaan Anda. Sekali lagi brand awareness ini sangat penting untuk perkembangan bisnis Anda, khususnya untuk bisnis yang baru berkembang.

Apabila Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang brand awareness, Omsetgo bisa membantu. Silahkan hubungin kami  via WhatsApp 087808786899 atau email ke omsetgo@gmail.com. Kami tunggu kabar baiknya :)

Jangan lupa untuk share dan like artikel ini :)