Omsetgo.com - Facebook, Instagram atau Twitter adalah sosial media yang berisi konten-konten menyenangkan seperti foto dan video terbaru, cerita lucu atau rekomendasi tempat-tempat yang seru. Tetapi, bagaimana jika menginginkan yang sebaliknya? Seperti sosial media yang menghubungkan dengan orang-orang profesional dan berisi konten-konten tentang pekerjaan, tentu ini sangat cocok untuk perkembangan karir. Sosial media yang paling tepat untuk hal-hal seperti itu adalah LinkedIn marketing.

Ternyata, selain cocok untuk mengembangkan karir Anda LinkeIn ini juga bagus untukmenjalankan strategi marketing online, dikarenakan berisi orang-orang penting
dan profesional jadi ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk Anda. Akan tetapi, bagaimana cara menjalankan LinkedIn ini untuk strategi marketing online
dan perkembangan bisnis?

Berikut ini kami sampaikan tips untuk menggunakan LinkedIn sebagai strategi marketing online, yaitu:

Langkah pertama: Membuat akun yang terpisah

Membuat akun yang terpisah adalah tips pertama untuk menjalankan strategi marketing online di LinkedIn. Kami menyarankan kepada Anda untuk menggunakan akun yang terpisah antara akun pribadi dan bisnis. Hal ini dikarenakan agar Anda lebih fokus pada satu hal saja. Ketika Anda ingin melakukan personal branding, bisa menggunakan akun pribadi. Akan tetapi, jika ingin branding produk atau bisnis bisa menggunakan akun bisnis. Agar semua bisa Anda atur dan tidak membingungkan untuk Anda.

Anda bisa menyampaikan semua tentang perusahaan Anda tanpa harus campur dengan informasi pribadi Anda. Karena, selain branding bisnis atau perusahaan, pastinya kita juga ingin melakukan personal branding untuk mendapatkan jaringan luas di LinkedIn.

LinkedIn sebenarnya memiliki dua akun yaitu bisa untuk pribadi dan juga bisnis atau perusahaan. Untuk pribadi Anda bisa terhubung dengan berapa pun banyak orang, tetapi untuk akun bisnis ini Anda tidak bisa connect orang lain terlalu banyak bisa-bisa Anda di suspend, karena akun bisnis untuk perusahaan ini mengutamakan profesionalitas, jadi ada baiknya orang lain yang connect terlebih dahulu kepada akun bisnis Anda. Jadi, kami sarankan kepada Anda jika ingin menjalnkan strategi marketing online di LinkedIn ini ada baiknya memperhatikan beberapa hal seperti ini.

Langkah kedua: Membangun jaringan lebih luas

Keunggulan dari LinkedIn ini adalah Anda memiliki kesempatan untuk memiliki jaringan luas degan orang-orang profesional, sehingga sangat bagus untuk branding perusahaan atau sekedar untuk personal branding.

Perlu diketahui bahwa semakin luas jaringan Anda di LinkedIn maka ini berbanding lurus dengan kesuksesan di LinkedIn. Sebenarnya, sama dengan dunia nyata bahwa semakin banyak jaringan yang Anda miliki berarti semakin besar pula kesempatan Anda untuk bekerja sama dengan orang lain untuk mengembangkan bisnis.

 

Source: Acer

Source: Acer

Di LinkedIn ini Anda berhak terhubung dengan siapa saja yang Anda inginkan hingga 1000 orang profesional atau bahkan lebih. Kegunaannya jika Anda memiliki jaringan yang luas di LinkedIn Anda, nantinya akan mudah untuk mengajak kerjasama dalam suatu bisnis atau bahkan Anda juga bisa menawarkan produk dan jasa di LinkedIn ini, namun pastinya dengan cara yang lebih profesional.

Bagi banyak orang LinkedIn merupakan sebuah tambang emas yang bisa digunakan untuk membuat jaringan dan mengembangkan bisnis. Seperti yang kita bahasa sebelumnya bahwa media sosial satu ini berisi orang-orang profesional, dari mereka kita bisa belajar banyak hal dalam mengembangkan bisnis. Orang-orang tersebut akan dengan senang hati membagikan informasi-informasi terupdate atau terkini untuk Anda mengenai bisnis. Jadi, mula sekarang miliki jaringan yang luas untuk menjalankan strategi marketing online Anda menjadi lebih baik lagi.

Langkah ketiga: Sering memberi informasi luar biasa

Langkah selanjutnya untuk menjalankan strategi marketing online Anda di LinkedIn adalah dengan memberi informasi luar biasa. Hal ini sangat berguna untuk membangun branding baik perusahaan atau personal saja.

Pengguna LinkedIn akan menilai bahwa Anda dari setiap postingan informasi yang disampaikan. Informasi yang Anda sampaikan tersebut tidak perlu hal-hal yang rumit, cukup kuasai satu topik yang memang sangat Anda mengerti. Dengan topik-topik tersebut Anda bisa menyampaikan informasi kepada orang lain dengan sangat mudah.

Akan tetapi, jika Anda ingin lebih menguasai banyak hal agar terlihat lebih bagus lagi, silahkan pelajari hal-hal yang disenangi setelah itu bisa menyampaikannya melalui LinkedIn. Bahkan, dari informasi yang sering update tersebut secara rutin, orang-orang profesional bisa saja tertarik dengan konten Anda, sehingga menawarkan kerjasama kepada Anda. Jadi, sekali lagi ini akan menjadi sebuah kesempatan yang luar biasa untuk mereka yang ingin menjalankan strategi marketing online mereka untuk mengembangkan bisnis atau sekedar untuk mengembangkan karir Anda, agar dilihat oleh perusahaan-perusahaan besar. Jadi, apa lagi yang Anda tunggu? Segera berikan informasi menarik untuk teman-teman Anda di LinkedIn.

Langkah keempat: Membentuk group

Jika di Facebook Anda tergabung dengan group penjualan atau minat, begitu juga dengan LinkedIn. Anda bisa juga bisa membentuk group di LinkedIn jika ingin meningkatkan penjualan dan membangun brand produk, dengan begitu akan lebih mudah untuk Anda untuk menentukan target pasar.

 

Source: Sticar

Source: Sticar

Apabila sudah memiliki group di LinkedIn, kami sarankan agar Anda mengisi berbagai informasi dengan lengkap di kolom. Setelah Itu, Anda bisa invite orang-oang yang berpotensi dalam bisnis Anda tersebut. Buat group tersebut seprofesional mungkin, agar orang-orang  berminat untuk bergabung.

Setelah itu, Anda bisa menjalankan strategi marketing online yaitu dengan mulai diskusi dan bahkan juga bisa bekerja sama dengan orang lain sebagai influencer untuk diskusi group tersebut.

Nah, itu dia 4 langkah atau cara strategi marketing online untuk LinkedIn yang bisa Anda ikuti untuk mengembangkan bisnis Anda. Selamat mencoba, semoga informasi ini bermanfaat untuk bisnis Anda. Selamat mencoba.

Jika Anda tertarik dengan  strategi digital marketing, Omsetgo solusinya. Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke [email protected]. Kami tunggu kabar baiknya :)