Omsetgo.com - Strategi pemasaran online yang paling berfungsi dengan baik adalah konten yang berkualitas. Tanpa konten yang hebat, pastinya kita tidak akan mendapatkan konversi dan jika tidak ada konversi maka bisnis tidak akan berjalan dengan baik. Sekarang, Anda tahu mengapa konten yang berkualitas atau hebat sangat penting untuk bagian pemasaran online Anda.

Sayangnya, sering sekali pembuat konten merasa tugasnya terasa berat untuk membuat konten yang selalu berkualitas untuk menciptakan konten baru, padahal masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Pastinya, banyak pembuat konten yang ingin dengan bersamaan menyelesaikan permasalahan bisnis dengan bentuk infografis, blog, ataupun hal lainnya. Ini menjadi akan hal yang mudah untuk mereka, namun apakah itu mungkin?

Jangan khawatir ada strategi pemasaran online dengan konten yang sering dilupakan oleh orang banyak untuk meningkatkan penjualan. Apakah itu?

Berikut ini beberapa strategi pemasaran untuk online yang bisa Anda lakukan untuk membuat bisnis Anda menjadi meningkat, yaitu:

1. Menggunakan konten visual

Strategi pemasaran online pertama untuk konten yang sering diabaikan oleh orang-orang adalah konten visual. Ketika pengunjung datang ke website Anda, tunjukkan kepada audiens tersebut apa yang Anda ingin mereka ketahui, bukan hanya memberi tahu mereka saja. Website yang berisi dengan teks yang panjang tentu terasa akan sangat membosankan melihatnya.

 Source: freepik

Source: freepik

Perlu Anda ketahui, bahwa menurut penelitian bahwa manusia bisa memproses gambar dalam ingatan mereka 60.000 kali lebih cepat daripada teks. Maka itu, ketika Anda memberi informasi kepada mereka yang semua isinya adalah teks, pengunjung tersebut hanya mengingat 10% dari informasi yang Anda berikan tersebut.  Berbeda halnya bila Anda menampilkan gambar dengan informasi yang sama, orang-orang kemungkinan bisa mengingat 65% dari informasi tadi.

Jika lebih suka dengan teks, Anda bisa menggabungkan teks dan gambar, agar pengunjung tersebut tidak merasa bosan ketika datang ke website. Supaya teks yang Anda buat tersebut tidak terlihat panjang dan banyak. Cara lain yang lebih menarik untuk memberikan informasi adalah dalam bentuk infografis, sehingga tidak terasa bosan. Anda bisa menggunakan alat untuk mengedit seperti canva jika ingin membuat infografis yang menarik.

2. Membuat konten unik agar viral

Memang tidak semua konten harus viral, walau sudah dibuat dengan sebagus mungkin tetap saja tidak mendapat share atau like yang banyak. Bahkan, untuk sebuah produk yang memiliki banyak peminat pun, jika tidak dibuatkan konten yang menarik atau unik pun tidak mendapatkan like dah share yang banyak.

Beberapa orang bahkan ada yang tetap mempertahankan konten-konten mereka yang membosankan tersebut dan tetap percaya dengan konten yang mereka buat. Padahal, hal ini tidak akan memberikan hasil yang luar biasa untuk mereka.

Jangan pernah takut dengan setiap keputusan yang Anda ambil dan resiko yang bisa terjadi tersebut. Buatlah konten yang berbeda atau unik, Anda bisa membuat konten lucu atau konten yang sedikit menegangkan dan terpenting berbeda dari yang lain. Anda tentu tahu iklan yang sering dibuat oleh Bukalapak, e-commerce ini adalah salah satu perusahaan yang sering membuat iklan nyleneh dan unik bahkan karena iklan mereka tersebut, banyak masyarakat Indonesia yang mengenal mereka.

Karena iklan yang mereka buat tersebut, brand dari e-commerce ini pun cepat dikenal masyarakat karena viral. Bukan hanya mereka saja yang share iklan tersebut, tetapi dengan sukarela orang-orang share konten mereka tersebut.

3. Ikuti kemana audiens Anda

Ketika Anda suka dengan bunga maka akan sering pergi ke kebun bunga. Sebenarnya, hampir sama dengan hukum strategi pemasaran online, yaitu ketika Anda berjualan bunga berarti Anda akan menjualnya kepada mereka yang menyukai bunga. Tetapi, sayangnya sekarang ini ada banyak pemilik bisnis online yang hanya terpaku pada satu tempat atau platform saja, mereka tidak berani beranjak dari tempat mereka yang nyaman.

Padahal, cara orang-orang dalam mengkonsumsi sebuah konten sudah berubah, semua itu tergantung dengan platformnya. Misalnya saja seperti Instagram dan Facebook, cara untuk menyajikan kontennya pasti berbeda-beda. Jika Instagram disediakan dalam bentuk gambar yang menarik dan deskripsi singkat, sedangkan Facebook bisa Anda sajikan dalam bentuk deskripsi yang panjang dan ditambah dengan gambar agar tidak terlihat membosankan.

Selain sosial media seperti Facebook dan Instagram Anda bisa menggunakan platform yang lain untuk menjangkau penggguna Anda, salah satu contohnya forum penjualan online seperti kaskus, OLX dan beberapa forum penjualan lainnya.

4. Membagikan informasi dimanapun

SEO atau Search Engine Optimization merupakan cara mendapatkan trafik yang tinggi secara organik. Tetapi, ternyata sebuah strategi pemasaran online tidak selamanya bisa hidup dengan menggunakan optimisasi secara organik saja, karena akan membutuhkan waktu yang cukup lama bagi Anda agar pengunjung bisa datang ke website.

Sebagai bagian pemasaran sudah menjadi tugas Anda untuk membawa konten tersebut kepada audiens atau calon pengunjung yang perlu melihatnya. Biasanya, setiap pos yang ada di sosial media seperti Facebook dan Instagram hanya bisa menjangkau beberapa audiens saja, karena audiens tersebut pastinya hanya teman-teman atau followers Anda, jika hanya mengandalkan organik.

Jika seperti itu, Anda bisa kehilangan kesempatan untuk mendapatkan audiens yang lebih banyak lagi. Seperti yang telah kita bahas di atas bahwa Anda mendapatkan peluang dengan menggunakan berbagai platform tidak hanya Facebook dan Instagram, tetapi juga Twitter dan Gmail+.

Anda bisa berbagai informasi apapun dan dimanapun dengan banyak platform. Selan denga cara organik, Anda bisa menggunakan iklan dengan tujuan agar bisa menjangkau pengunjung lebih luas, sehingga Anda pun tidak kehilangan kesempatan yang telah didapat tersebut. Sosial media seperti Facebook dan Instagram menawarkan iklan dengan harga yang terjangkau dan menguntungkan. Dengan iklan tersebut Anda bisa menargetkan audiens berdasarkan target pemasaran Anda, sehingga trafik yang didapat semakin tinggi dan meningkat.

5. Kenali karakteristik pembeli

 Source: majalah marketing

Source: majalah marketing

Seperti yang dikatakan diatas bahwa ketika Anda sudah menggunakan iklan Facebook dan Instagram, Anda bisa mengenali karakterisitik dari pembeli Anda. Mulai dari kegemaran mereka, produk seperti apa yang mereka sukai, jenis kelamin mereka, umur dan banyak lagi karakteristik pengunjung yang lainnya bisa Anda dapatkan.

Apa gunanya mengetahui karakteristik dari pelanggan? Salah satu kegunaannya adalah agar bisa menyusun strategi pemasaran online yang tepat. Kalau begitu strategi Anda nantinya pasti akan lebih tepat lagi ketika Anda menjalankannya. Tidak lagi berjalan dalam kegelapan, karena sudah menemukan step by step yang jelas untuk mencapai tujuan bersama. Anda bisa membuat konten pemasaran online tersebut yang sesuai dengan karakteristik dari pembeli atau pelanggan Anda tersebut. Sehingga, nantinya informasi atau pesan yang Anda buat lebih tersampaikan dengan baik, dikarenakan telah di targetkan kepada audiens yang tepat.

Jadi kira-kira itu dia beberapa strategi pemasaran online dengan menggunakan konten yang sering diabaikan olehh orang-orang. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan bisa membantu untuk memajukan bisnis online.

Jika Anda tertarik untuk lebih mengetahui tentang digital marketing, Omsetgo Digital Marketing Consultant siap membantu Anda untuk melakukan training di perusahaan Anda. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kami  via WhatsApp 087808786899 atau email ke omsetgo@gmail.com. Kami tunggu kabar baiknya :)