Omsetgo.com - Ketika Anda memutuskan untuk memulai suatu bisnis khususnya bisnis online, pastinya ada banyak hal yang harus Anda pikirkan untuk membuat suatu keputusan. Saat Anda mengalami tekanan, tentu akan sulit untuk membuat suatu keputusan, yang ada Anda jadi membuat suatu keputusan yang buruk. Agar bisa meminimalisir kegagalan Anda, kami mengumpulkan beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula.

Ada 5 kesalahan umum yang biasanya dilakukan oleh pemula ketika mulai berbisnis online, yaitu:

  1. Lupa Dengan Tahap Perencanaan

 Image Source: Articles bplans

Image Source: Articles bplans

Sering sekali suatu perencanaan dilupakan dalam berbisnis online bagi pemula, dikarenakan mereka terlalu bersemangat dengan bisnis yang akan dijalankan. Padahal kita tahu bahwa suatu perencanaan yang baik, akan membawa bisnis Anda ke masa depan yang baik pula. Memang terkesan membosankan, tapi jika kita tidak punya rencana yang tepat, bisnis tersebut akan berjalan dalam kegelapan dikarenakan tidak terarah dan tidak memiliki tujuan. Untuk menyusun rencana dengan baik, Anda harus melakukan riset terhadap ide bisnis dan juga potensi pasar. Beberapa tahap perencanaan tersebut adalah rencana bisnis, rencana keuangan dan rencana pemasaran. Berikut ini penjelasannya:

  • Rencana Bisnis

Ada beberapa rencana bisnis yang harus Anda susun sebelum memulai suatu bisnis, yaitu membuat analisa SWOT (mencari kekuatan, kelemahan, kesempatan dan ancaman), menentukan visi & misi, menganalisa pesaing dan beberapa rencana bisnis lainnya yang perlu Anda persiapkan.

  • Rencana Keuangan

Selain rencana bisnis, rencana keuangan juga merupakan salah satu yang penting sebelum menjalankan bisnis. Anda bisa menyusun mulai dari modal yang harus dikeluarkan, dana yang digunakan untuk promosi dan hal lainnya yang Anda butuhkan.

  • Rencana Pemasaran

Memiliki rencana pemasaran 1 tahun kedepan sejak dini adalah hal yang baik. Ketika Anda sudah menyusun rencana pemasaran Anda dengan baik yang perlu dilakukan selanjutnya hanyalah menjalankannya.

2.  Menolak Kemajuan Teknologi

 Image Source: electro magazine

Image Source: electro magazine

Ketika Anda mencoba buka bisnis online, berarti Anda tidak bisa menolak kemajuan teknologi. Sering sekali dalam berbisnis, bagi pemula teknologi tidak dibutuhkan oleh mereka. Dengan percaya diri, mereka berpendapat bisa menjalankan bisnis dengan cara tradisional. Kita harus mengakui bahwa seiring berjalannya waktu, cara yang banyak digunakan oleh orang-orang adalah strategi pemasaran online dengan budget yang minim. Siapa yang tidak menolak kemajuan teknologi, berarti bisnis mereka akan berkembang dengan baik. Begitu pula sebaliknya, untuk orang-orang yang menolak kemajuan teknologi, yang hanya menggunakan marketing tradisional tanpa dibarengi dengan strategi pemasaran online, dapat dipastikan bisnis mereka sangat lama untuk berkembang.
Sekarang ini ada banyak strategi pemasaran online yang dengan sangat mudah bisa Anda dapatkan di internet. Jadi, tetap cari informasi-informasi terkini dan terupdate untuk kemajuan bisnis Anda.

3.  Menyamakan Pengalaman Pribadi Dengan Keahlian Bisnis

Cara berbisnis online bagi pemula yang sering dijalankan adalah menyamakan pengalaman pribadi yang dimilikinya dengan keahlian bisnis online. Misalnya ketika orang yang menjadi koki dan akan membuka suatu bisnis cathering online yang ia tahu hanyalah teknik dalam mengelola makanan, tapi ia tidak mengetahui strategi bisnis seperti apa yang bisa dijalani. Memiliki suatu pengalaman dalam menjalankan bisnis memang tidak salah, akan tetapi akan lebih baik jika Anda ingin terjun ke dunia bisnis, cobalah untuk belajar tentang beberapa keahlian bisnis dari orang-orang yang berpengalaman. Karena, sering sekali pengalaman yang kita miliki tidak sesuai dengan strategi bisnis yang sedang berkembang dipasaran.

4. Tidak Mengetahui Pelanggan Yang Ideal

 Image Source: Tomcifle

Image Source: Tomcifle

Kesalahan berikutnya yang sering dilakukan oleh pemula dalam berbisnis online adalah tidak mengetahui target pelanggan yang ideal. Dalam berbisnis online bagi pemula hanya menjalankan bisnis dan menuangkan ide mereka begitu saja, tanpa tahu pelanggan mana yang akan ditargetkan oleh mereka. Mencari tahu pelanggan yang ideal dan menargetkannya adalah strategi bisnis online paling tepat bisa dijalankan. Dikarenakan, nantinya ketika Anda menggunakan iklan berbayar dari Google maupun Facebook, dengan sangat mudah mendapatkan pengunjung atau konsumen. Selain itu, ketika mengetahui pelanggan yang ideal Anda bisa dengan mudah memperbaiki produk yang sesuai dengan target pelanggan yang Anda tuju.

5.  Tidak Punya Komitmen

Perlu Anda sadari dan ketahui bahwa memiliki komitmen adalah hal yang penting Anda punya. Baik itu dalam menjalankan bisnis online maupun offline Anda tidak bisa meninggalkan bisnis Anda begitu saja. Terus berusaha dan mencoba merupakan hal yang sudah terbiasa Anda dengar. Tetapi berkomitmen untuk terus maju dan berinovasi tinggi adalah suatu strategi bisnis online yang sering banyak dilupakan oleh para pemula ini. Jadi, selalu berkomitmen untuk mengembangkan bisnis Anda. 

Demikian 5 kesalahan umum yang biasa dilakukan oleh pemula ketika mulai berbisnis online. Ketika sudah mengetahui 5 kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemula, Anda bisa mempelajarinnya dengan sebaik mungkin, agar tidak mengulangi hal yang sama.

Jika Anda tertarik dengan  strategi digital marketing, Omsetgo solusinya. Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke omsetgo@gmail.com. Kami tunggu kabar baiknya :)