Omsetgo.com - Salah satu strategi marketing online yang paling mudah dilakukan adalah SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing). Kedua strategi tersebut bisa berjalan dengan baik, jika Anda memilih kata kunci atau keyword yang benar. Apa guna kata kunci tersebut? Kata kunci tersebut sangat berguna untuk meningkatkan traffic pengunjung ke website. Bagaimana maksudnya?

Sebagai mesin pencari terbesar di dunia Google selalu memberikan informasi yang akurat kepada penggunanya, tujuan mereka adalah untuk meningkatkan pelayanan mereka. Untuk mencari informasi yang dibutuhkan pastinya orang-orang akan mengetik kata kunci yang sesuai dengan keinginan mereka.

Dan, kita juga perlu tahu bahwa Google selalu menetapkan rangking dalam menentukan informasi mana yang paling tepat dan benar. Maka tujuan kita menargetkan kata kunci adalah agar ketika orang mencari dengan suatu kata kunci yang tepat, ada website kita yang termasuk dalam rangking halaman pertama Google.

Namun, walau begitu sering sekali banyak orang yang salah dalam riset kata kunci yang akhirnya membuat mereka gagal dalam mendapat pengunjung yang sesua dengan targetnya.

Jadi, sebenarnya bagaimana cara untuk riset kata kunci yang benar untuk jalankan strategi pemasaran online yang benar?

Berikut ini strategi marketing online untuk riset kata kunci yang benar:

 

 Source: SEOProcessor

Source: SEOProcessor

-        Mencari short tail keyword

Strategi marketing online untuk riset kata kunci yang bisa Anda lakukan pertama kali adalah dengan mencari short tail keyword yang sesuai dengan bisnis. Short tail keywod ini umumnya hanya terdiri dari satu ataupun dua kata. Dengan menentukan short tail ini Anda bisa menargetkan dan fokus dengan kata kunci yang telah ditetapkan.

Beberapa contoh kata short tail keyword adalah jual baju, baju murah, baju terbaru dan masih banyak kata kunci yang bisa digunakan sesuai dengan bisnis Anda.

Perlu diketahui bahwa short tail keyword ini memiliki persaingan yang cukup tinggi, jadi Anda harus benar-benar berusaha untuk menggunakan strategi marketing online untuk kata kunci ini.

-        Cari long tail keyword

Ketika Anda sudah mencari short tail keyword mana yang paling tepat untuk bisnis, strategi marketing online selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan mencari long tail keyword.

Long tail keyword ini merupakan versi panjang dari short tail keyword dan lebih memiliki variasi kata-kata didalamnya. Misalnya seperti diatas yaitu Anda sebagai penjual baju bisa mengunakan long tail keyword seperti jual baju murah, baju murah terkini, baju terbaru murah dan banyak contoh lainnya. Tidak seperti short tail keyword yang memiliki banyak pesaing, untuk long tail keyword pesaing lebih sedikit karena lebih banyak variasi kata-kata didalamnya.

-        Analisa jumlah pencarian keyword tersebut

Strategi marketing online selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan menganalisa pencarian keyword. Cari tahu seberapa efektif keyword yang telah Anda jalankan tersebut. Apakah memberi traffic yang bagus untuk Anda atau tidak. Cara yang bisa Anda lakukan untuk hal ini adalah dengan menggunakan Google Analytic yang memberikan data terkini untuk Anda.

Demikian beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk riset kata kunci yang bagus. Untuk tools yang bisa Anda gunakan untuk membantu riset kata kunci ini adalah Google Planner, nantinya akan membantu Anda untuk menyusun strategi marketing online terkini. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Jika Anda tertarik dengan  strategi digital marketing, Omsetgo solusinya. Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke omsetgo@gmail.com. Kami tunggu kabar baiknya :)