Omsetgo.com - Perkembangan e-commerce di Indonesia berkembang setiap tahunnya, beberapa tahun terakhir ini. Sebagai negara dengan pertumbuhan e-commerce terbesar di Asia Pasifik (menurut eMarketer) hingga tahun 2017 menjadi kesempatan emas bagi UKM (Usaha Kecil Menengah) untuk mengembangkan bisnis mereka. Bahkan, siapapun bisa masuk ke dalam bidang ini jika ingin memiliki bisnis secara online.

Model bisnis e-commerce ini bisa menjadi wadah yang bagus untuk para penjual kecil untuk menjajakan dagangan mereka kepada masyarakat. Untuk Anda yang ingin mengembangkan bisnis yang baru saja rintis bisa menggunakan beberapa marketplace terpopuler di Indonesia tersebut, agar bisnis online Anda bisa maju secara signifikan.

Berikut 4 marketplace terpopuler di Indonesia yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis Anda, yaitu:

  • Tokopedia

Tokopedia 1.jpg

Model bisnis marketplace yang diluncurkan pada 17 Agustus 2009 ini didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Sejak didirikan Tokopedia dinilai menjadi pemimpin pasar dalam marketplace online Indonesia. Tokopedia merupakan perusahaan teknologi yang pertama di Asia Tenggara yang telah mendapatkan suntikan dana dari SoftBank and Media Inc serta Sequoia Capital sebesar USD 100 Juta atau setara dengan Rp 1,2 milliar. Tokopedia memberikan kesempatan kepada toko kecil, individu dan semua brand untuk mengelola toko mereka di  Tokopedia.

Ini merupakan kesempatan bagus yang bisa Anda gunakan, Tokopedia juga merupakan marketplace terpopuler di Indonesia yang tidak mengutip biaya dari penjual jika ingin membuat toko dan berjualan. Sistem yang dimiliki oleh Tokopedia adalah mereka akan menahan dana yang harus dibayarkan kepada penjual dari pembeli selama proses pengiriman, jika pembeli mengkonfirmasi telah mendapatkan barangnya, barulah penjual bisa menarik dananya. Jika Anda khawatir akan mengeluarkan modal yang besar untuk hal ini, tidak perlu khawatir karena tidak banyak modal yang harus dikeluarkan.

  • Bukalapak

Bukalapak adalah salah satu e-commerce yang juga sangat  populer di Indonesia, berdiri pada tahun 2010 dan didirikan oleh Achmad Zaky. Hampir sama dengan situs marketplace lainnya Bukalapak juga mengusung model bisnis consumer to consumer atau dengan kata konsumen ke konsumen. Setiap orang bisa membuka toko mereka di Bukalapak tidak peduli dia individu ataupun toko kecil bisa mengembangkan bisnis mereka disini. Bukalapak ini terkenal sebagai salah satu marketplace yang memiliki jenis iklan yang cukup unik dan apik, sehingga sangat mudah untuk diingat orang lain. Mungkin, itu adalah salah satu faktor dari kesuksesan Bukalapak hingga saat ini.

 

Bukalapak.jpg

Bukalapak menyediakan jaminan keamanan untuk bertransaksi, jadi mereka tidak memperbolehkan pembeli dan penjual untuk transaksi sendiri, alasannya adalah agar tidak terjadi penipuan yang biasa ditakutkan oleh orang-orang ketika melakukan transaksi online. Sekarang ini Bukalapak telah memiliki patner bisnis yaitu sebanyak 150.000 penjual kira-kira dengan transaksi yang diproses setiap harinya bisa mencapai RP 500 Juta.

Dengan melihat kesuksesan Bukalapak saat ini bisa menjadi kesempatan untuk Anda sekalian untuk mengembangkan bisnis online di salah satu marketplace terpopuler di Indonesia ini.

  • Elevenia

Didirikan pada tahun 2014 lalu, Elevenia menjadi salah satu marketplace terpopuler di Indonesia. Elevenia ini didirikan oleh PT XL Planet, ini adalah sebuah perusahaan gabungan dari PT XL Axiata, Tbk., dengan SK Planet yang berasal dari Korea Selatan. Saat ini Elevenia telah memiliki 16.000 penjual dengan lebih dari 2 juta produk aktif yang mereka miliki. Elevenia telah berhasil mendapatkan lebih dari 1 juta pengguna dalam 1 tahun dengan transaksi yang diperoleh lebih dari 400.000 produk. Pada tahun 2014, Elevenia telah berhasil meraih pendapatan sebesar Rp 250 Miyar Rupiah, sedangkan di tahun keduanya beroperasi marketplace ini meraih pendapatan sebesar Rp 1,1 Trilyun.

Elevenia.png

 

Bahkan, hingga saat ini Elevenia telah melayani 8.000 order / hari. Elevenia juga bisa menjadi kesempatan Anda untuk mengembangkan bisnis, karena mereka ternyata menyediakan sebuah seller zone untuk daerah Jakarta, dimana Anda sebagai penjual bisa dibantu untuk menjual produk secara online, ada pula ruang pelatihan juga disediakan oleh mereka dan semua itu bisa Anda dapatkan secara gratis.

  • Shopee

Shopee Indonesia adalah pusat perbelanjaan online yang juga sangat popluer di Indonesia. Marketplace ini pertama kalinya diperkenalkan pada tahun 2015 di Singapura dan juga diikuti juga dengan beberapa negara-negara Asia tenggara.

Salah satu marketplace terpopuler di Indonesia ini dikelola oleh Garena yang telah berubah nama menjadi SEA Group. Dengan model bisnis C2C atau Consumer to Consumer, Shopee  memiliki visi yaitu “Menjadi C2C Mobile Marketplace Nomor 1 di Asia Tenggara”.

 

Shopee.jpg

Walau bisa dibilang anak baru dalam dunia marketplace di Indonesia, akan tetapi Shopee ini memiliki perkembangan yang sangat cepat. Bahkan, ketika mereka melucurkan aplikasinya pada tahun 2017, telah memiliki pengguna sebanyak 25 juta. Jadi marketplace ini juga bisa menjadi salah satu kesempatan untuk Anda ketika mengembangkan menjadi lebih baik lagi.

Demikian 4 marketplace terpopuler di Indonesia yang bisa menjadi kesempatan emas untuk Anda dalam mengembangkan bisnis. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Jika Anda ingin mengembangkan bisnis online Anda, Omsetgo solusinya. Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke [email protected]. Kami tunggu kabar baiknya :)