Omsetgo.com — Jika ada yang bertanya apa yang dimaksud dengan iklan online? Mungkin semua dari kita sudah tahu artinya. Namun pastinya tidak semua orang yang tahu apa saja jenis-jenis dari iklan online ini.

Sebelumnya, iklan online adalah suatu upaya yang digunakan untuk pemasaran online secara berbayar yang bisa menampilkan website di hasil pencarian search engine contohnya seperti Google.

Jenis-jenis Iklan Online Untuk Strategi Digital Marketing:

. Iklan Sosial Media

Bagi Anda yang sering menggunakan sosial media mungkin sudah tidak asing lagi dengan nama iklan online satu ini. Sosial media yang menawarkan iklan adalah seperti Facebook dan Instagram, Anda mungkin pernah melihat iklan Instagram ketika sedang melihat Instagram story teman-teman Anda, tiba-tiba ada iklan yang muncul ditengah-tengah. Seperti itu juga dengan iklan Facebook ketika Anda sedang melihat-lihat beranda Facebook, tiba-tiba muncul iklan disamping dengan produk yang sepertinya pernah Anda lihat beberapa waktu yang lalu. Itulah contoh iklan sosial media yang sangat sering muncul di kehidupan sehari-hari kita.

Kelebihan dari iklan satu ini adalah bisa menargetkan konsumen berdasarkan minat mereka atau juga sesuai dengan target yang Anda capai. Bahkan, untuk pembayaran iklan online ini hanya dibayar untuk yang berhasil saja atau dengan kata lain Anda bisa membayar sesuai dengan total klik dari yang masuk ke website. Jadi bayar yang berhasil saja, sehingga lebih efektif bukan?

. Self-service Advertising

Ini adalah jenis iklan online yang dikerjakan sendiri oleh pemilik bisnis secara online. Biasanya iklan ini bisa dilihat di berbagai jasa layanan iklan seperti Goole AdWords. Di Google AdWords Anda yang menentukan tampilan, materi dan deskripsi dari iklan online tersebut. Bahkan Anda juga yang menentukan ingin ditampilkan dimana saja, misalnya seperti ingin ditampilkan di kata kunci tertentu atau di suatu blog yang sesuai dengan bisnis Anda.

 

Image source: shallitsania

Image source: shallitsania

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh jenis iklan yang satu ini adalah karena kontennya yang sesuai dengan keinginan si pebisnis sendiri, bahkan tata letaknya pun di tentukan sendiri. Kelebihan lainnya adalah setiap iklan yang dibayar adalah yang berhasil, jadi setiap iklan yang di klik oleh orang lain sesuai dengan keyword yang Anda tentukan, itulah yang akan Anda bayar. Hampir sama dengan iklan sosial media sebenarnya, akan tetapi iklan ini lebih banyak digunakan.

Kekurangannya sendiri adalah ketika ingin membuat iklan ini Anda harus paham mengenai bisnis Anda, harus tahu menempatkan iklan agar bisa mendatangkan banyak pengunjung.

Baca Juga: Alasan Penting Kenapa Instagram Cocok Untuk Digital Marketing

. Contextual Advertising

Contextual Advertising merupakan satu jenis iklan online yang bentuknya tertarget untuk iklan yang muncul pada website ataupun jenis media lainnya. Contohnya adalah seperti konten yang ditampilkan pada mobile browser. Selain itu iklan ini sendiri dipilih dan dilayani oleh sistem otomatis yang berdasarkan identitas si pengguna dan konten yang ditampilkan. Bagaimana cara kerjanya? Iklan ini akan memindai teks pada suatu website dengan kata kunci dan nantinya iklan tersebut akan dikembalikan lagi ke website berdasarkan kata kunci tadi. Iklan online jenis ini bisa ditampilkan di halaman website ataupun dalam bentuk iklan pop-up. Contohnya jika si pengunjung melihat suatu situs web yang berhubungan dengan fashion dan situs web tersebut menggunakan iklan contextual. Jadi nantinya si pengunjung akan melihat iklan untuk perusahaan yang berkaitan dengan fashion.

Image Source: search engine journal

Image Source: search engine journal

. Direct Advertising

Direct Advertising atau iklan langsung yang biasanya identik dengan pemasaran langsung. Sifat dari iklan jenis ini adalah mengajak atau mengiklankan langsung merek atau agen distribusi. Iklan direct ini menawarkan suatu brand kepada pelanggan berdasarkan pada pemahaman brand itu sendiri tentang kesediaan audiens yang tersegmentasi atau berdasarkan kemampuan untuk membeli sesuatu.

Kelebihan yang dimiliki adalah praktis, karena hanya memajang iklan yang disesuaikan dengan keinginan si pemilik bisnis atau bisa pula disesuaikan dengan target konsumen agar lebih efektif lagi.

Sedangkan untuk kekurangan dari iklan jenis ini adalah harga dari suatu iklan disesuaikan dengan besar kecilnya ukuran banner tersebut. Jadi agar iklan tidak mahal ada baiknya memperhatikan ukuran dari iklan tersebut.

Anda sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan iklan online dan beberapa jenis iklan untuk pemasaran online ini. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Jika Anda tertarik dengan strategi pemasaran online lainnya, Omsetgo solusinya. Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke [email protected]. Kami tunggu kabar baiknya :)