Omsetgo.com - Menyusun strategi pemasaran online dengan sebaik mungkin, memang hal yang tepat dilakukan. Tetapi, apakah Anda yakin bahwa strategi yang sudah dijalankan tersebut sudah efektif dan efisien untuk bisnis Anda? Sering sekali UKM atau Usaha Kecil Menengah menghabiskan lebih banyak uang mereka untuk pemasaran online dibanding dengan perusahaan-perusahaan besar, mereka menggunakan uangnya untuk SEO, sosial media dan juga iklan berbayar baik Google dan Facebook, agar mereka dapat trafik yang tinggi.

Tapi, jangan khawatir saat ini kami punya cara kerja pemasaran online yang efektif dan bisa dijalankan sesegera mungkin, berikut ini beberapa caranya:

  • Tentukan Pelanggan Anda Sekarang

Bagi seorang pembisnis menentukan pelanggan, sama pentingnya dengan menentukan produk apa yang akan dijual dan akan investasi dimana. Ketika Anda menentukan pelanggan mulai dari sekarang, Anda akan bisa menentukan jenis media mana yang paling efektif. Misalnya, jika pelanggan Anda adalah wanita berarti media pemasaran yang bisa Anda gunakan adalah Instagram (menurut survei Director TNS Indonesia, sebuah perusahaan market research membuat survei bahwa 63% wanita lebih cenderung aktif menggunakan sosial media ini daripada pria). Selain itu, buatlah beberapa pertanyaan ketika Anda menentukan pelanggan yang ideal untuk Anda, yaitu dengan beberapa pertanyaan:

avatar-3127928_640 (1).jpg

- Pelanggan ideal yang saya inginkan itu seperti apa?

- Apakah pelanggan ideal saya itu wanita atau pria?

- Bagaimana dengan profil pelanggan ideal saya tersebut? Pengusaha, ibu rumah tangga, mahasiswa, orang tua, manajer, anak remaja? (Disini Anda bisa mengetahui media yang akan Anda gunakan)

- Berapa pendapatan bersih dari pelanggan ideal saya kira-kira? (Dari pertanyaan ini Anda bisa menentukan harga yang sesuai)

- Apakah pelanggan saya tersebut memiliki waktu yang banyak untuk waktu online?

- Jam berapa mereka bisa punya waktu untuk online? (Dari pertanyaan ini Anda bisa menentukan waktu untuk posting produk)

- Biasanya dimana pelanggan saya akan mencari produk/jasa yang saya tawarkan tersebut?

Ketika Anda sudah menulis pertanyaan-pertanyaan tersebut dan menjawabnya, dari sana Anda akan bisa mendapat gambaran yang tepat, tentang bagaimana Anda bisa menempatkan pesan tersebut.

  • Pentingnya Google Sebagai Pemasaran Online

online-marketing-1246457_640 (1).jpg

Kita tahu bahwa Google merupakan Search Engine raksasa yang sekarang ini telah digunakan 80% orang di dunia. Jadi, Google ini sangat penting untuk fokus menjalankan usaha SEO (Search Engine Optimization)  pada mesin pencari yang satu ini. Yahoo dan Bing memang kurang penting, tapi tidak ada salahnya Anda juga melakukan optimasi disini. Akan tetapi, apa yang bisa dilakukan di Google ini? Ini beberapa langkahnya:

- Menentukan Kata Kunci

Agar usaha SEO Anda berjalan dengan baik di Google, yang perlu Anda lakukan adalah tentukan kata kunci yang tepat atau relevan dengan bisnis Anda. Gunakanlah kata kunci yang memiliki frase dengan kata yang banyak atau dengan kata lain “long-tail keyword”.

- Sosial Media

Ada 3 sosial media teratas yang bisa menjadi fokus Anda, diantaranya seperti Facebook, Twitter dan LinkedIn. Anda bisa memberikan informasi akurat tentang bisnis kepada netizen (masyarakat online).

- Perbaiki Konten Anda

Alasan banyak orang membeli suatu produk adalah karena konten yang menarik dan sangat membantu mereka. Jadi, ada baiknya Anda bisa menciptakan konten berkualitas bisa menyampaikan informasi yang dibutuhkan masyarakat.

- Perhatikan Landing Pages

Semua upaya yang Anda lakukan mulai dari pemilihan kata kunci, memperbaiki konten, hingga menggunakan sosial media merupakan upaya dari SEO yang bertujuan untuk menarik pengunjung ke landing pages Anda. Pastikan bahwa landing pages Anda dapat berjalan dengan baik dan berisi informasi yang bermanfaat.

  • Memilih Target Pemasaran

Ketika Anda sudah menjalankan kedua cara kerja pemasaran online yang efektif diatas, selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memilih target. Tujuan memilih target pemasaran online adalah untuk mengkoordinasi beberapa situs dan tempat yang paling sering dikunjungi oleh pelanggan Anda. Ini merupakan kampanye pemasaran khusus online yang paling efektif. Dengan begitu Anda bisa mengetahui kemana iklan yang akan Anda posting nantinya.

Ada beberapa situs pelengkap yang bisa juga Anda bantu untuk mempromosikan mereka, jadi promosi silang. Dimana di situs web mereka akan telihat campaign Anda sendiri sehingga hal ini sangat efekif untuk pesan Anda.

- Iklan Bayar Per-klik

Iklan bayar perklik ini bisa menjadi pertimbangan untuk campaign pemasaran Anda. Apabila Anda baru mengetahui iklan bayar per-klik atau PPC (Pay Per Click), Anda bisa menetapkan batasan pengeluaran harian untuk iklan tersebut. Salah satu contoh platform yang menyediakan iklan jenis ini adalah Google AdWords. Selain itu, iklan yang ditawarkan Google juga bisa membantu Anda untuk berkesperimen ketika menentukan kata kunci yang efektif dengan memperhatikan pertumbuhan campaign PPC.

- Memantau Harga Konversi

Harga konversi merupakan suatu alat ukur yang penting. Cara kerja pemasaran online yang efektif selanjutnya bisa Anda lakukan adalah menentukan sebenarnya apa yang ingin Anda ukur untuk campaign pemasaran online Anda tersebut? Bagaimana cara mengukurnya?

business-3080799_640 (1).png

Perlu Anda ketahui bahwa rasio konversi merupakan suatu alat pengukuran yang digunakan untuk melihat jumlah klik yang diperlukan untuk mencapai pengukuran pada target Anda. Misalnya seperti jika web Anda memiliki 1000 klik, dimana 14 klik atau satu penjualan dalam sehari, jadi tingkat konversi Anda yaitu 1:14 atau 7.1%. Maka dengan kata lain, 7.1% klik menghasilkan penjualan selama periode tersebut.

Dengan memantau pada jarak dekat dengan tingkatkan konversi Anda akan segera memberi tahu apa yang berhasil dan mana yang tidak. Kami sarankan Anda jangan ragu untuk mengubah atau memodifikasikan iklan jika diperlukan.

  • Jangan Lupa Untuk Menentukan Budget Anda

Menentukan budget atau anggaran sejak dini adalah hal yang penting juga untuk Anda dan bahkan beberapa orang akan menentukan anggaran untuk tahap pertama pada pemasaran online yang efektif. Anda bisa menyusun semua anggaran tersebut, jika Anda sudah tahu target, pelanggan, dan iklan yang akan digunakan untuk strategi pemasaran online Anda. Jika ternyata Anda sudah menyusunnya dan mendapatkan berapa jumlah pengeluaran untuk pemasaran online dan ternyata lebih dari budget yang Anda susun sebelumnya. Anda hanya perlu memilih campaign mana yang paling dibutuhkan saat ini dan bisa membantu dalam jangka waktu panjang, misalnya seperti target SEO.

Jadi, itu dia cara kerja pemasaran online paling efektif yang bisa Anda jalankan untuk mengembangkan bisnis Anda. Selamat mencoba, jangan pernah putus asa dan sukses selalu.

Jika Anda tertarik dengan strategi pemasaran online lainnya, Omsetgo solusinya. Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke [email protected]. Kami tunggu kabar baiknya :)