Omsetgo.com — Perlu kita akui, walau online shop saat ini sedang berkembang dengan pesat tetapi masih saja banyak orang yang tidak percaya untuk berbelanja di online shop. Walau, Anda sudah mempersiapkan web dengan baik, produk terbaik hingga bekerja sama dengan perusahaan pengiriman terbaik pula. Namun, tetap saja keranjang belanja pelanggan potensial Anda belum juga terisi. Alasan-alasan seperti takut ditipu, produk yang tidak sesuai dengan ekspetasi, kecepatan web yang tidak mendukung dan masih banyak alasan lainnya yang membuat mereka tidak percaya pada Anda. Kalau seperti itu tentu bisnis akan sulit untuk berkembang.

Maka itu, ini dia 5 cara jitu yang kami sarankan untuk meyakinkan konsumen di online shop Anda, yaitu:

- Buktikan Bahwa Web Anda Aman

  Image Source: cttsonline

Image Source: cttsonline

Cara meyakinkan konsumen di online shop yang pertama adalah membuktikan bahwa web Anda aman. Mengapa? Agar ketika pelanggan belanja dan akan melakukan checkout menjadi aman, tidak ada kendala yang perlu dikhawatirkan lagi. Cara membuktikan bahwa web Anda ini aman dan dilindungi adalah dengan menambahkan “s” dialamat web, dari http menjadi https. Selain menjadi bukti kepada pelanggan bahwa situs Anda aman, ini juga merupakan kebutuhan yang mutlak harus dimiliki oleh e-commerce website.

Situs web Anda tersebut akan diamankan oleh protokol keamanan standar yang mengenkripsi data antara server web dan brower yaitu dengan menggunakan Secure Sockets Layer (SSL). Agar bisa mendapatkan pengamanan itu di situs web, Anda harus mendapatkan sertifikat SSL. Jika sudah mendapat sertifikat SSL, Anda hanya perlu memberi tahu pelanggan bahwa web Anda aman, contohnya dengan cara menampilkan logo SSL di web Anda.

  Image source: southhampsteadresidential

Image source: southhampsteadresidential

- Tunjukkan Review Orang Yang Membeli Produk Anda

Cara meyakinkan konsumen di online shop lainnya adalah dengan mencantumkan review pelanggan yang sudah membeli dari Anda. Orang-orang akan melihat bahwa web Anda memang aman, karena sudah dibuktikan dengan review pelanggan tersebut. Review yang Anda cantumkan bisa seperti penilaian yang diberikan pelanggan atau bisa pula berupa pendapat mereka tentang produk Anda. Mintalah kepada setiap konsumen online Anda untuk memberikan kritik dan saran yang membangun untuk mengembangkan bisnis online Anda. Testimoni positif dari pelanggan sebelumnya, akan mendatangkan pelanggan baru untuk Anda.

- Desain Web Agar Lebih Profesional

  Image source: bukaloka

Image source: bukaloka

Cara meyakinkan konsumen di online shop selanjutnya adalah dengan membuat web lebih profesional. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan menunjukkan kepada mereka bahwa perusahaan Anda “nyata” dengan mencantumkan semua “pendukung” yang dimiliki oleh perusahaan yang nyata. Seperti Anda memiliki kontak layanan customer (baik itu tanya jawab tentang produk Anda ataupun keluh kesah yang ingin disampaikan konsumen) di kontak layanan customer tersebut Anda bisa mencantumkan nomor yang bisa dihubungi atau formulir email. Selain itu, jangan lupa membuat halaman FAQ. jika Anda memiliki FAQ layanan pelanggan yang lengkap, akan membuat konsumen online tidak ragu-ragu untuk berbelanja.

- Jadikan Web Anda Agar Lebih Personal

Tokopedia (1).JPG

Buat web agar lebih personal merupakan cara meyakinkan pelanggan ke 4 yang perlu diperhatikan. Kita sebagai manusia, pastinya akan mempercayai seorang manusia. Begitu juga pelanggan, mereka mempercayai manusia bukan sebuah web. Jadi, Anda bisa membuat web menjadi lebih personal, seperti memberikan pesan singkat dari CEO atau pendiri dengan informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Anda juga bisa menambahkan foto tim dibagian “About” agar orang-orang mengetahui perusahaan Anda, karena pelanggan tidak hanya membutuhkan informasi tentang perusahaan Anda. Akan tetapi, juga bagian personal dari perusahaan secara garis besarnya saja.

Anda juga bisa mengirimkan email marketing atau newsletter kepada konsumen online yang sudah membeli produk Anda, seperti suatu ucapan terimakasih karena sudah percaya menggunakan produk Anda.

- Usahakan Untuk Mengurangi Resiko Pada Pelanggan

Terakhir yang perlu Anda lakukan agar bisa meyakinkan konsumen di online shop, untuk membeli produk Anda adalah dengan mengurangi resiko yang bisa saja terjadi pada pelanggan. Anda harus memikirkan resiko yang bisa dialami oleh setiap orang jika berbelanja di e-commerce website. Ketika Anda sudah mengatasi masalah yang bisa terjadi didepan, nantinya Anda pun tidak perlu repot lagi mengatasinya. Masalah yang bisa terjadi seperti mengalami pengembalian uang, komplain yang berlebihan terhadap produk, produk rusak dan masih banyak hal lainnya. Contoh mengurangi resiko pelanggan bisa seperti memberikan ongkos kirim gratis untuk pengiriman dalam negeri dengan minimal pembelian Rp 100 rb. Jadi mereka bisa langsung mengerti untuk mendapat insentif ongkos kirim gratis berarti harus belanja minimal Rp 100 rb dan hanya untuk dalam negeri saja, sehingga pelanggan tidak jadi komplain kepada Anda. Atau contoh lainnya adalah dengan menawarkan pelanggan menggunakan asuransi untuk pengiriman atau menggunakan jasa pengiriman yang lebih mahal, khusus untuk barang pecah belah atau memiliki resiko rusak yang tinggi.

 image source: cemiti

image source: cemiti

Kesimpulan

Sebenarnya, cara yang dilakukan oleh konsumen online dan konsumen offline dalam berbelanja hampir sama. Konsumen offline biasanya akan melihat-lihat sekeliling dan membandingkan satu tempat dengan yang lain, mana yang bisa memberikan produk terbaik dan memuaskan mereka, itulah yang akan dipilih. Begitu pula yang akan dilakukan oleh konsumen online, melihat-lihat toko mana yang bisa mereka percaya dan menawarkan produk yang terbaik, maka mereka akan memilihnya. Jadi, jadikan toko atau web Anda menjadi yang bisa dipercaya ketika pelanggan mencoba untuk melihat-lihat.

Untuk mengetahui strategi digital marketing lainnya, Omsetgo solusinya. Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke omsetgo@gmail.com. Kami tunggu kabar baiknya :)