Omsetgo.com - Berbicara tentang kesuksesan Alibaba berarti kita juga membicarakan Jack Ma, pendiri Alibaba. Siapa sangka Alibaba yang dulunya hanyalah sebuah marketplace kecil yang didirikan pada tahun 1999, sekarang menjadi online marketplace raksasa dan terbesar di Tiongkok.

Banyak dari kita mungkin yang penasaran bagaimana strategi marketing yang dilakukan oleh Jack Ma dalam menjalankan bisnisnya hingga berhasil membawanya menjadi salah satu jajaran orang terkaya di dunia.

Berikut strategi marketing yang bisa kita pelajarin dari Jack Ma, yaitu:

  • Pelanggan Adalah Kunci Sukses

Jack Ma percaya bahwa suatu bisnis bisa bertahan lama jika tetap masih memiliki pelanggan. Sehingga ia selalu menomor satukan pelanggan dan ini menjadi salah satu kiat strategi marketing Alibaba. Pelayanan yang terbaik dapat membuat pelanggan betah berbelanja dan datang lagi ke marketplace tersebut. Bahkan, saat ini Jack Ma percaya model bisnis yang akan berkembang suatu saat nanti adalah Customer to Business, dimana pelanggan yang akan menentukan produk yang mereka gunakan. Jack Ma berpendapat bahwa produk yang akan banyak diminati oleh pelanggan adalah produk custom.

  • Visi Besar Untuk Merajai Marketplace Dunia

Jack Ma berkeyakinan bahwa internet akan bisa membantunya untuk memperbesar usaha dan menjembataninya untuk masuk ke pasar global. Ia memiliki prinsip bahwa bisnis tidak hanya ada disuatu negara saja, akan tetapi bisa dilakukan di semua negara. Apalagi dibantu dengan kecanggihan teknologi yang semakin meningkat. Sekarang ini saja Alibaba telah membayar saham pengendali di Lazada sebesar $ 1 Miliar dan juga pengecer online Asia Tenggara. Bahkan, diketahui bahwa ternyata Alibaba telah diam-diam masuk ke pasar As dan berinvestasi di beberapa start up As seperti Magic Leap, Snap dan Lyft. Strategi bisnis online dengan visi besar yang dimiliki oleh Jack Ma, patut diancungkan jempol, karena berani mengambil keputusan yang besar.

  • Tanggap Melihat Peluang & Mau Mencoba

Jack Ma Donald Trump.jpg

Sekitar tahun 1990-an infrastruktur di China masih sangatlah minim, sehingga membatasi pengusaha untuk berkembang. Jack Ma, melihat hal ini sebagai peluang untuk menjalankan bisnisnya. Ia membuat e-commerce yang bisa membantu pengusaha-pengusaha untuk menjalankan bisnis mereka secara luas. Banyak dari pengusaha tersebut bisa jalankan bisnis mereka dengan bergabung di Alibaba, sehingga mereka tidak perlu lagi memperdagangkan sendiri bisnisnya. Selain itu yang dilakukan oleh Jack Ma adalah berhasil masuk ke gedung putih dan berhasil menarik perhatian Donald Trump tentang rencana bisnis yang akan dijalankan Jack Ma terhadap usaha kecil di negeri Paman Sam tersebut. Padahal, Amazon sendiri sebagai e-commerce tuan rumah di Amerika malah beberapa kali memancing kemarahan Trump, strategi marketing Alibaba seperti ini yang sering tidak kita pikirkan. Padahal kita tahu tentang ketegangan yang terjadi antara Amerika dan China, tapi sekali lagi Jack Ma berhasil mengatasi hal tersebut.

  • Berpikir Kreatif dan Inovasi, Setelah Itu Di Terapkan

Strategi bisnis online  lainnya yang dijalankan oleh Jack Ma adalah selalu berinovasi dan kreatif. Ia tidak cepat puas pada satu ide saja. Jack Ma selalu mencoba berpikir dan memutar otaknya, agar mendapatkan ide-ide terbaru dan kreatif untuk perkembangan Alibaba. Ketika Jack Ma ingin mendirikan e-commerce di China dengan tujuan membantu banyak pedagang disana, pastinya ada banyak orang yang menganggap idenya itu gila, namun dia tidak putus disitu. Inovasi lain yang dibuat oleh Jack Ma adalah dengan mengembangkan toko ritel offline Alibaba.
Jadi, dapat kita simpulkan untuk memajukan bisnis, Anda harus mampu berpikir kreatif dan inovatif untuk mencari strategi bisnis online yang tepat, untuk mencari ide kreatif Anda bisa belajar dari banyak pembisnis yang hebat misalnya Jack Ma ini. Dan, yang terpenting adalah mungkin ada banyak ide yang Anda punya saat ini, jangan tunggu lama, segera terapkan ide yang Anda punya tersebut.

  • Tidak Sungkan Untuk Terus Selangkah Lebih Maju

Amazon vs Alibaba.jpg

Kita tahu bahwa semakin berkembangnya teknologi, ada banyak kompetitor yang dimiliki oleh Alibaba. Tetapi, itu tidak menjadikan Jack Ma menciut. Ia selalu berpikir maju dari kompetitornya dan terus mencari cara bagaimana agar bisnis yang ia miliki tersebut berkembang terus hingga mendunia. Bahkan, saat ini Jack Ma, tidak sungkan-sungkan untuk merencanakan banyak penerbangan di berbagai belahan dunia untuk bertemu orang-orang hebat, agar bisnisnya tetap maju. Misalnya saja Jack Ma telah bertemu presiden Amerika terpilih pada Januari tahun lalu. Pada saat itu Jack Ma mengatakan bahwa Alibaba tertarik untuk membeli usaha kecil dari AS. Ia tidak takut bersaing dengan Amazon yang mendahului Alibaba merajai pasar Amerika, tetapi Jack Ma punya strategi bisnis online sendiri, yaitu bekerja sama dengan banyak pengusaha kecil, yang sering dilupakan oleh Amazon sendiri.

Itu dia 5 strategi marketing Alibaba yang Jack Ma jalankan dalam membangun kerajaan bisnisnya tersebut. Satu hal terpenting lainnya yang tidak boleh Anda lupakan dalam membangun sebuah bisnis adalah pantang menyerah dan selalu berusaha keras, hingga apa yang Anda impikan dapat membuahkan hasil.

Untuk mengetahui strategi digital marketing lainnya, Omsetgo solusinya. Anda bisa menghubungi  kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke [email protected]. Kami tunggu kabar baiknya :)