Omsetgo.com - Kita tahu bahwa Go-Jek bukan lagi startup penyedia jasa layanan transportasi online roda dua saja, namun sudah bertransformasi menjadi on-demand mobile platform yang menyediakan  berbagai layanan lengkap untuk kebutuhan sehari-hari. Seperti transportasi, pembayaran, layanan antar makanan, logistik dan banyak layanan lainnya.

Dengan melihat Go-Jek yang sudah sebesar ini, kira-kira menurut Anda strategi digital marketing seperti apa yang telah dijalankan oleh Nadiem Makarim dan timnya tersebut untuk mengembangkan layanan transportasi online pertama di Indonesia ini? Ini dia beberapa strateginya

Menjujung 3 Pilar Dalam Menjalankan Bisnis

Perusahaan trasnportasi online yang didirikan pada tahun 2010 ini, memiliki 3 pilar bisnis dalam menjalankan strategi pemasaran online mereka, diantaranya adalah Kecepatan, Inovasi, dan Dampak Sosial. Berikut ini penjelasannya:

-          Kecepatan

 Image Source: Go-jek

Image Source: Go-jek

Sebagai penyedia jasa layanan online, Go-Jek selalu berusaha untuk selalu dapat melayani dengan cepat dan tepat, mereka terus belajar dari pengalaman agar bisa terus berkembang. Apalagi untuk transportasi online, ini adalah strategi pemasaran online paling diutamakan oleh Go-Jek dalam memberi layanan ke pelanggan.

-          Inovasi

Terus berinovasi dan menawarkan teknologi-teknologi terbaru untuk memudahkan pelanggannya, adalah salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Salah satu inovasi yang ditawarkan adalah sistem pembayaran non-tunai, bisa memesan makanan dan tiket nonton di Go-Jek dan masih banyak Inovasi lainnya yang ditawarkan. Terus berinovasi adalah salah satu strategi pemasaran online yang paling tidak boleh Anda lupakan.

-          Dampak sosial

Go-Jek memiliki tujuan positif dalam menjalankan bisnis mereka yaitu dengan memberikan dampak positif sosial yang besar untuk masyarakat Indonesia.

Fokus Pada Customer Journey & Experience

Strategi pemasaran online selanjutnya yang dimiliki oleh Go-Jek Indonesia adalah fokus terhadap Customer Journey dan Customer Experience. Dengan menjunjung kedua hal itu, perusahaan transaksi online ini jadi bisa menjadi memahami kebutuhan, harapan pelanggan hingga keinginan pelanggan yang bisa mereka wujudkan dalam satu aplikasi. Sehingga, mereka mendapatkan pelanggan yang setia menggunakan setiap layanan yang ditawarkan.

Buat Iklan Yang Unik

 Image Source Go-Jek

Image Source Go-Jek

Membuat iklan yang unik merupakan strategi pemasaran online selanjutnya yang dijalankan oleh Go-Jek. Ada beberapa iklan nyeleneh yang mungkin tidak asing lagi bagi pengguna Go-Jek, diantaranya seperti “Pengabdi Ketan” yang digunakan untuk promosi Go-Food, banner besar yang berisikan tulisan saja, tanpa ada dibumbuin gambar dan warna yang menarik. Iklan tersebut menjadi cukup viral di kalangan netizen karena dinilai sangat unik. Mungkin, Anda juga pernah melihatn salah satu iklannya.

Gandeng Partner Bisnis Yang Ok

Setiap bisnis yang dijalankan tentu kita sadar bahwa semua tidak bisa dijalankan sendiri, kita perlu menggaet partner yang oke atau berkompeten ketika menjalankan bisnis. Hal ini juga yang menjadi salah satu strategi digital marketing Go-Jek yang menggandeng banyak partner untuk tingkatkan bisnis mereka. Mulai dari tempat makan terkenal untuk Go-Food, minimarket untuk Go-Mart, hingga beberapa bioskop ternama Indonesia untuk pemesanan tiket nonton di Go-Tix.

Target Pemasaran

Strategi digital marketing Go-Jek selanjutnya adalah memperluas target pemasaran. Dalam perkembangannya dalam memberikan layanan kepada masyarakat, Go-Jek memiliki strategi pemasaran yaitu bisa menjangkau semua kalangan. Jika dulu Go-Jek, hanya bisa digunakan untuk mereka yang tidak punya kendaraan, sekarang Go-Jek bisa digunakan untuk pemesanan makanan, belanja bulanan, pemesanan tiket dan banyak hal lainnya. Sehingga, aplikasi ini bisa digunakan oleh banyak kalangan.

Itu dia kira-kira beberapa straftegi pemasaran online yang bisa kita pelajarin dari Go-Jek, perusahaan on-demand mobile platform yang berkembang sangat pesat di Indonesia ini. Untuk mengetahui strategi digital marketing lainnya, silahkan hubungi Omsetgo via WhatsApp di 087808786899 atau email omsetgo@gmail.com. Kami tunggu kabar baiknya 😊