Omsetgo.com— Mereka yang menggunakan strategi digital marketing untuk memasarkan produknya tentu membutuhkan satu data yang valid, yang digunakan sebagai patokan atau tolak ukur untuk mengembangkan bisnisnya.

 

 Image Source: seroundtable

Image Source: seroundtable

Para marketers ini membutuhkan suatu tools digital analytic terpercaya yang berguna untuk mengumpulkan data dan meningkatkan strategi digital marketingnya. Data tersebut bisa digunakan untuk pengukuran, visualisasi maupun interprestasi data yang bisa menggambarkan perilaku dari pengunjung website situs mobile ataupun aplikasi pada mobile phone.

Fungsi lain dari digital analytic adalah agar bisa membantu marketers bagaimana mereka bisa ditemuka, lokasi atau daerah mana yang paling banyak yang membuka website, atau bahkan mereka juga bisa mengetahui rate-rata usia dari penggunjung website. Setelah mendapatkan data-data tersebut mereka bisa melakukan evaluasi disetiap pertumbuhan dan disetiap strategi. Salah satu contoh dari digital analytic yang bisa digunakan untuk meningkatkan strategi digital marketing adalah Google Analytic.

Google Analytic

Google Analytic adalah salah satu tools digital analytic yang cukup mudah Anda gunakan dan temukan. Awalnya, memang tools ini cukup rumit, terutama untuk Anda yang baru pertama mengenal Google Analytic. Karena, ada banyak data yang tersedia di Google Analytic yang bisa diolah, sehingga sulit menemukan mana sebenarnya metrik yang paling penting untuk dilihat. Akan tetapi, jika Anda mau mencoba mempelajarinya sebenarnya Google Analytic ini cukup mudah.

Jika Anda ingin memperkuat strategi digital marketing yang sedang dijalankan saat ini, silahkan gunakan dengan baik setiap data yang disediakan oleh Google Analytic. Sebelum menggunakan tools dari Google ini, ada baiknya Anda terlebih dahulu memahami beberapa istilah yang ada.

 Image souce: willy cully

Image souce: willy cully

Ada beberapa istilah data pada Google Analytic yang bisa Anda gunakan untuk menganalisa website, yaitu:

- Bounce Rate

Adalah tools untuk menampilkan data presentase atau trafik kunjungan suatu halaman. Artinya bahwa berapa banyak orang yang meninggalkan situs Anda dari halaman yang sama tanpa melakukan apapun di website.

- Dimensions

Merupakan suatu atribut pada Google Analytic dari semua pengunjung yang telah terekam dalam website. Dari dimensions ini kita mengetahui browser yang digunakan oleh pungguna, perangkat yang diguna berada lokasi pengunjung website dan masih banyak hal lainnya.

- Metrik

Ukuran yang digunakan sebagai patokan untuk mengukur suatu karakter yang ada pada dimensions.

- Sessions

Periode waktu ketika pengguna secara akif terlibat di website Anda.

- Users

Data orang yang telah mengunjungi website dengan rentang waktu yang telah di pilih. Baik itu pengunjung baru ataupun lama akan terlihat disini.

Di Google Analytic Anda dapat melihat trafik pengunjung dari saluran yang Anda gunakan, diantaranya yaitu:

· Organic search, data jumlah pengunjung yang datang melalui pencarian organik, hal ini berarti kinerja SEO (Search Enine Optimization)Anda baik

· Paid search, jumlah data pengunjung dari pencarian Google AdWords

· Sosial media, pengunjung yang masuk melalui link yang Anda sebar di sosial media.

· Direct, data jumlah pengunjung yang langsung masuk ke website Anda

· Referral, saat pengunjung mengklik website Anda dari situs lain

· Email, jumlah data pengunjung yang datang dari email marketing yang Anda kirimkan kepada mereka.

Anda dapat mengevaluasi saluran mana yang paling banyak mendatangkan pengunjung. Setelah itu silahkan memperbaiki saluran lainnya yang tidak bekerja dengan baik, tanpa melupakan saluran yang sudah baik tersebut. Tujuan utamanya adalah meningkatkan trafik dan mendatangkan pengunjung yang akhirnya berakhir menjadi pembeli. Itulah guna dari digital analytic yang digunakan untuk memajukan bisnis lebih baik lagi.

Jika Anda tertarik untuk lebih mengetahui tentang digital marketing, Omsetgo Digital Marketing Consultant siap membantu Anda untuk melakukan training di perusahaan Anda. Untuk info lebih lanjut silahkan hubungi kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke omsetgo@gmail.com. Kami tunggu kabar baiknya :)