Omsetgo.com - Sosial media Instagram bukan hanya menjadi album foto online bagi semua orang. Tetapi telah beralih fungsi menjadi alat marketing online yang efektif. Apalagi ketika kita mengetahui fakta bahwa Instagram merupakan salah satu sosial media yang paling banyak digunakan oleh orang-orang saat ini. Mulai untuk membagikan foto, fitur untuk chat, hingga membagikan kesibukan sehari-hari dengan teman-teman.

Namun, ternyata tidak semua orang mengerti bagaimana memanfaatkan Instagram ini sebagai marketing yang efektif dan efisien.

Maka sekarang saya akan membahas beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang ketika menjalankan Instagram marketing, diantaranya adalah:

.Tidak Menentukan Tema Pada Instagram

Image Source: buffer

Image Source: buffer

Salah satu kesalahan banyak orang ketika menjalankan strategi Instagram marketing adalah tidak menentukan tema dahulu. Jadi ketika posting foto produk, asal saja di posting tanpa ada unsur seni didalamnya. Padahal, salah satu cara untuk membuat agar Instagram mendapatkan followers yang banyak adalah memiliki feed Instagram yang menarik. Pada umumnya, Instagram adalah sosial media untuk membagikan foto, jadi orang akan melihat kepribadian diri Anda dari postingan yang dibuat tersebut. Jika Anda membuatnya terlihat lebih menarik followers yang akan mencari Anda, bukan Anda yang mencari followers. Berikut ini beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk membuat Instagram lebih menarik lagi yaitu Layout, Quick, Aftelight dan masih banyak tools lainnya.

.Lupa Pada Frekuensi Posting

Tujuan menggunakan Instagram Marketing memang untuk meningkatan penjualan pada produk dan layanan yang ditawarkan. Walau begitu kami sarankan kepada Anda untuk memperhatikan frekuensi postingan yang akan dilakukan. Jangan terlalu sering posting karena yang ada jatuhnya menjadi spam dan followers meninggalkan Anda karena merasa terganggu.

Selain itu, sering sekali orang lebih suka melihat gambar-gambar yang menarik dengan deskripsi yang menarik juga. Anda bisa menentukan waktu tertentu untuk melakukan postingan seperti 2 kali sehari saja, yaitu siang (jam 12.00) dan sore (jam 16.00). Dalam 2 postingan tersebut Anda bisa menentukan postingan pertama untuk promosi dan postingan kedua yaitu informasi menarik yang dibutuhkan konsumen.

.Followers Tidak Asli (Beli Followers)

Beli followers.jpg

Anda tentu pernah ditawari untuk beli followers agak terlihat banyak dan akhirnya orang-orang akan ikut follow Anda. Ini adalah salah satu strategi Instagram marketing yang salah dan dilakukan oleh banyak orang. Tujuannya memang benar, tapi yang ada kuantitas pembeli Anda tidak akan meningkat. Lebih baik terlebih dahulu Anda memperbaiki Instagram dan membuat postingan menarik, setelah itu follow banyak orang yang benar-benar berpotensial untuk membeli produk Anda. Dengan menggunakan followers organik, mereka semua berpotensi besar untuk membeli produk Anda. Berbeda lagi ketika Anda membeli folllowers, karena yang ada malah hanyalah orang yang random dan belum tentu akan membeli produk Anda. 

.Malas Berinteraksi Dengan Konsumen

Image source: binisUKM

Image source: binisUKM

Kesalahan selanjutnya yang sering dilakukan oleh orang-orang dalam menjalankan Instagram marketing adalah malas berinteraksi dengan konsumen. Padahal ini adalah sebuah kesempatan yang sangat bagus untuk memberikan kesan yang baik kepada konsumen. Walau konsumen hanya bertanya-tanya tentang produk atau layanan Anda, tetaplah memberi respon yang baik. Masalah mereka jadi beli atau tidak adalah masalah nanti, yang terpenting Anda ramah dan tidak sombong. Nantinya, karena Anda memiliki respon yang baik pelanggan tersebut bisa kembali lagi kepada Anda untuk membeli produk, dikarenakan pengalaman berkesan yang diberikan.

.Tidak Menggunakan Hashtag

Hashtago.jpg

Hashtag adalah kata kunci seperti yang ada pada Google, namun digunakan di Instagram marketing. Dengan hashtag ini orang-orang bisa mencari bisnis Anda berdasarkan kata kunci. Jadi bisnis Anda akan lebih mudah dicari oleh orang-orang. Contoh hashtag yang bisa digunakan seperti #jualtempatminum, jika bisnis Anda untuk jual beli tempat minum atau contoh lainnya seperti misal Anda menjual boneka menggunakan #jualboneka. Semakin banyak hashtag yang Anda gunakan, semakin besar pula kesempatan yang Anda miliki untuk ditemukan oleh orang lain.

Jadi, itu dia 5 kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang ketika menjalankan strategi Instagram marketing. Agar tidak melakukan kesalahan yang sama ada baiknya kita memperhatikannya dan tidak melakukan kesalahan yang sama. Selamat mencoba.

Baca juga: Strategi Bisnis Dengan Instagram Marketing

Jika Anda tertarik dengan srategi sosial media marketing, Omsetgo solusinya. Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke [email protected]. Kami tunggu kabar baiknya :)