Omsetgo.com - Kita tahu bahwa tujuan utama dari SEO (Search Engine Optimization) sebenarnya adalah upaya yang dilakukan untuk menempatkan situs web kita pada posisi teratas atau juga pada  halaman pertama pada suatu mesin pencari, dengan menggunakan kata kunci yang sudah dtargetkan. Logikanya, jika suatu situs web berada pada posisi teratas mesin pencari, maka otomatis situs tersebut memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapat pengunjung lebih banyak.

Ada 2 jenis teknik SEO yang akan kita bahas pada artikel kali ini, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Pada artikel ini kita juga akan membahas pengertian, macam-macamnya, fungsi hingga perbedaan keduanya.

Apa itu SEO On Page?

 

Image source: prolapak

Image source: prolapak

SEO On page adalah strategi SEO yang dilakukan di halaman atau blog yang dimiliki yang bisa mempengaruhi peringkat pada mesin pencari, atau dengan kata lain optimasi website. Berikut ini beberapa faktor penting yang harus Anda perhatikan dalam SEO On Page:

- Perhatikan Title Tags

Untuk membuat judul pada web Anda, jangan lupa untuk memasukkan kata kunci pada judul di web Anda. Ada banyak contoh judul yang efektif yang bisa Anda lihat di Internet untuk membuat Title Tags. Umumnya, title tags yang ditentukan oleh Google sebagai mesin pancari adalah tidak kurang dari 32 karakter atau tidak lebih dari 80 karakter (agar judul Anda tidak berupa titik). Untuk mengecek judul ini, Anda bisa menggunakan tools SEOMOFO.

- Heading Juga Harus Di Perhatikan (Sub Judul)

Umumnya mesin pencari seperti Google, lebih memperhatikan kata kunci pada heading yang Anda miliki/ atau sub judul pada web. Maka dari itu, ada baiknya Anda menargetkan kata kunci pada judul (heading) disetiap halaman web, tetapi jangan lupa pula bahwa heading tersebut memang berkaitan dengan konten yang dibuat. Kalau tidak ada hubungannya, Google akan menilai konten Anda tidak relevan.

- Jangan Lupa Dengan Struktur Url Anda

Kalau bisa Anda juga dapat memasukkan kata kunci di struktur url Anda. Agar dapat dilihat secara optimal oleh mesin pencari. Tetapi bukan berarti Anda harus mengganti url lama website, kecual jikai Anda memang ingin mengarahkan pengunjung dari halaman lama ke baru.

- Menambah ALT Text Di Gambar

Gambar pada blog ataupun website adalah untuk membuat halaman lebih menarik lagi. Ketika Anda membuat gambar di blog ataupun website Anda jangan lupa untuk menambahkan “alt text” untuk semua gambar pada website. Teks ini memang tidak telihat oleh pengunjung, akan tetapi lebih ditunjukkan kepada mesin pencari,  agar gambar Anda tersebut termasuk di dalam kata kunci yang akan di cari.

- Konten Halaman Juga Penting

Perhatikanlah konten Anda, jangan membuat banyak orang menjadi bosan ketika berada di halaman web atau blog Anda. Buatlah konten di website atau blog Anda agar lebih nyaman dibaca oleh pengunjung. Seperti agar terlihat lebih menarik yaitu dengan tambahan gambar-gambar yang bagus dan unik.

- Kecepatan Suatu Web

Suatu mesin pencari seperti google ingin membuat penggunanya dapat menemukan apa yang mereka inginkan. Bukan hanya itu, Google juga ingin penggunanya merasa nyaman ketika menggunakan mesin pencari ini. Maka itu, kecepatan dari website Anda dapat juga harus diperhatikan karena mempengaruhi peringkat Anda di google. Hal ini juga bisa berdampak pada tingginya ‘rasio pentalan’ pada website.

- Internal Link Pada Web

Untuk internal link ini tujuannya agar pengunjung memiliki waktu yang lama ketika berada di website Anda. Dengan begitu, penilaian Google terhadap website Anda akan bagus.

Itu dia jenis optimasi SEO On Page yang perlu diperhatikan. Intinya SEO On Page dapat membantu Anda agar lebih mudah dibaca atau dicari oleh pelanggan yang berpotensial dan robot mesin pencari itu sendiri. Jika On page Anda bagus, search engine akan lebih mudah untuk mengindeks halaman web Anda. Selain itu, juga bisa mengarahkan mereka untuk melihat struktur dan konten pada situs Anda, akhirnya bisa memberi peringkat situs Anda pada mesin pencari.

Ada sudah mengetahui apa itu Seo on page dan Seo off page adalah jenis dari search engine optimization yang perlu Anda ketahui.

SEO Off Page

SEO Off Page adalah teknik SEO yang dilakukan di luar blog ataupun website. Pemilik blog/website harus melakukan optimasi dari luar halaman webnya untuk mendapatkan pengunjung, untuk masuk ke websitenya tersebut. Cara yang bisa dilakukan adalah seperti menyebar link ke berbagai sosial media seperti Twitter, Facebook ataupun G+.

 

Seo off page (1).jpg

Selain itu, pemilik blog tersebut juga bisa membuat fan page atau blog khusus untuk menuju web yang kita miliki di link artikel yang telah di post tersebut. Faktor SEO Off Page terbesar adalah seberapa banyak eksternal link yang masuk ke blog atau web Anda. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat SEO Off Page adalah:

  • Buatlah konten yang bagus atau mengagumkan agar orang lain dengan sukarela menautkannya ke web Anda.

  • Membagikan Web/blog di sosial media, jika bagus tentu akan dibagikan otomatis oleh orang lain. Selain itu, juga bisa mendatangkan trafik ke website.

  • Membuat outreach email ke influencer di perusahaan Anda, yang akhirnya bisa menautkan Anda.

  • Mengijinkan pengunjung untuk blogging di situs Anda. Postingan pengunjung bisa memberi link pada Anda.

Sebenarnya, kualitas dari satu konten atau tulisan adalah hal yang terpenting yang harus Anda lakukan, agar mendapatkan tautan yang bagus sehingga bisa meningkatkan SEO Off Page pada halaman Anda.

Kesimpulan:

Perbedaan SEO On Page  dan SEO Off Page adalah strategi yang dilakukan untuk optimasi website, baik itu dari luar ataupun dalam website. Dengan tujuan untuk menempatkan website diposisi teratas atau halaman pertama.

Anda sudah mengetahui arti dari SEO On Page dan SEO Off Page dan juga perbedaannya. Sekarang yang perlu Anda lakukan adalah mempratekannya. Semoga berhasil.

Jika Anda tertarik dengan strategi pemasaran online, Omsetgo solusinya. Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke [email protected]. Kami tunggu kabar baiknya :)