Omsetgo.com - Instagram dan Facebook adalah 2 sosial media yang saat ini banyak digunakan orang-orang untuk mengembangkan bisnis mereka. Belum lagi ditambah dengan berbagai fitur yang ada di kedua sosial media ini, sehingga semakin diminati untuk jalankan strategi marketing online.

Facebook

Fitur bisnis yang ditawarkan oleh Facebook adalah Facebook Ads. Anda bisa menggunakan fitur ini jika mau mempromosikan bisnis Anda, tetapi selain menggunakan Facebook Ads Anda juga bisa mempromosikan bisnis di Facebook Fan Page. Untuk FB Fan Page ini sendiri memiliki beberapa kelebihan satu diantaranya adalah Anda bebas mengupdate produk apa saja, tanpa harus tercampur dengan akun pribadi, sehingga bisa memisahkan akun pribadi dan bisnis yang dijalankan. Maka bisa membantu konsumen untuk mengetahui informasi yang Anda berikan tentang produk tersebut. Kelebihan lainnya yang bisa Anda dapatkan jika promosi di FB Fan Page adalah terindeks dengan mudah di search engine, free tag, muncul di newsfeed buyer, dan bisa membuat Anda memiliki jumlah fans yang tidak terbatas sehingga Anda bisa menjangkau banyak orang.

Fitur lainnya yang bisa Anda gunakan untuk marketing online bisnis adalah:

Facebook Image.png
  • Fitur image, fitur bisnis untuk digital marketing yang ditawarkan oleh Facebook ini memiliki kualitas yang tidak akan berubah, sehingga untuk setiap detail pada produk yang Anda buat akan terlihat sangat jelas. Jadi, tentunya bisa membuat konsumen tertarik pada produk Anda tersebut. Kekurangan: Facebook tidak menyediakan aplikasi untuk edit gambar, yang disediakan untuk fitur gambar ini hanyalah fitur crop dan tag picture saja. Jadi, Anda harus menggunakan software lainnya untuk edit gambar.
  • Fitur Video, kelebihan dari fitur video yang ditawarkan oleh Facebook adalah tidak ada batasan durasi, sehingga Anda bebas mengupload video dengan durasi yang panjang tentang bisnis Anda. Untuk kualitas video yang ditawarkan oleh Facebook tidak akan berubah sama juga dengan image.
    Kekurangan: Untuk kekurangannya hampir sama dengan image yang tidak menyediakan fitur untuk edit.

Instagram

Instagram merupakan sosial media yang dikhususkan untuk berbagi momen dengan teman-teman. Sosial media ini menyediakan efek dan filtrasi unik serta juga lucu yang bisa diterapkan untuk saat upload produk. Sehingga, Anda pun tidak perlu repot menggunakan aplikasi lain atau software untuk mengedit foto produk yang nantinya akan di upload. Sosial media ini juga sangat cocok digunakan untuk strategi digital marketing bisnis Anda.

Sedangkan, untuk kelemahan dari Instagram adalah gambarnya tidak bisa disimpan atau didownload, jadi jika ingin mendownload harus menggunakan aplikasi lainnya. Bukan hanya itu, nantinya kualitas gambar yang didownload tersebut akan menurun, karena disesuaikan dengan kapasitas pada penggunaan di Smartphone.

  • Bagaimana dengan fitur Video?

Untuk fitur video yang ditawarkan oleh Instagram sama dengan foto yaitu bisa edit ataupun filter, selain itu videonya pun bisa dicut atau dipotong sebelum di upload. Untuk kekurangan dari fitur video Instagram ini adalah tidak bisa didownload dan juga durasi yang disediakan untuk video tidak sampai 1 menit, sehingga tidak banyak informasi yang bisa disampaikan melalui video.

Image Source: TenCrunch

Image Source: TenCrunch

  • Hashtag

 

Ini merupakan fitur terbaru dari Instagram, yang bisa Anda gunakan untuk memberi informasi singkat kepada konsumen. Instagram Story ini sangat cocok untuk strategi marketing online, yaitu seperti mengingatkan kembali produk yang Anda tawarkan. Konten yang Anda upload di Instagram Story hanya bertahan dengan kurun waktu 24 jam saja, dengan maksimal uploadnya hanya mencapai 10 detik saja.

Kesimpulan

Facebook dan Instagram menawarkan berbagai macam fitur bisnis yang dapat memudahkan Anda. Semua sosial media yang Anda gunakan tentu akan memberikan dampak positif, baik itu mendatangkan penjualan atau hanya sekedar branding saja. Keuntungan bisnis yang bisa Anda dapatkan bukan dikarenakan sosial medianya, namun bagaimana Anda bisa dapat memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Keberhasilan juga bisa dilihat dari strategi yang dijalankan di sosial meda itu.

Jika Anda tertarik menggunakan Instagram dan Facebook ini untuk salah satu strategi sosial media marketing, Omsetgo bisa membantu Anda. Untuk informasi digital marketing yang lebih banyak hubungi kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke [email protected]. Kami tunggu kabar baiknya :)