Omsetgo.com - Agar bisnis dapat berkembang dengan baik, tentunya Anda harus memiliki  strategi pemasaran yang baik. Selain  itu, jangan lupa pula bahwa bagaimana awal Anda dalam memulai suatu bisnis, juga dapat mempengaruhi bagaimana bisnis tersebut bisa berkembang atau tidak.

Semua orang tentunya akan memiliki banyak pertanyaan didalam benaknya jika memulai suatu bisnis yang akan dijalani. Contohnya seperti “saya harus jual produk dulu atau bikin produk dulu ya?”, “Jika saya mulai dengan bikin produk, bagaimana cara pemasarannya?” atau “kalau saya jual produk, tetapi produk apa yang akan saya jual?”. Sebelum kita membahas hal tersebut, ada baiknya terlebih dahulu kita mengetahui 2 jenis organisasi bisnis yang terkait dengan hal semacam itu, yaitu:

 Image source: bizztor

Image source: bizztor

  • Organisasi yang memiliki orientasi kepada penjulan

        Dalam organisasi ini berfokus pada produk yang dibuat atau di produksi, mereka terlebih dahulu akan membuat produknya. Setelah itu baru menyusun strategi pemasaran, dengan memberi perhatian yang kecil pada kebutuhan konsumen itu sendiri di pasar sasaran.

Untuk konsekuensi yang terjadi biasanya membutuhkan banyak upaya untuk melakukan pemasaran produk atau jasa tersebut.

  • Organisasi yang memiliki orientasi pada pemasaran

Untuk jenis organisasi yang berorientasi pada pemasaran ini, hal yang pertama dilakukan adalah melakukan riset pasar dahulu, setelah itu mempelajari pemasaran dan mengumpulkan segala sesuatu yang berhubungan dengan konsumen. Jika semua sudah dilakukan, baru membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen itu sendiri. Sehingga, nantinya ketika produk sudah jadi ia tidak perlu repot-repot lagi memasarkan produk dan mencari strategi pemasarannya.

 Images Source: Blogrollcenter

Images Source: Blogrollcenter

Jika Anda disuruh memilih jenis organisasi mana yang akan Anda pilih? Menjual produk dahulu atau malah sebaliknya menjual produk? Mungkin kebanyakan dari Anda akan memilih membuat produk dulu barulah menjualnya. Karena pada umumnya memang seperti itu, orang-orang akan membuat dulu produk yang ingin mereka jual, setelah itu baru memikirkan bagaimana cara pemasarannya. Akan tetapi, perlu diingat bahwa jenis inilah yang akan menyusahkan Anda dalam memasarkan produk atau jasa yang dibuat. Anda akan terpatok pada produk yang akan Anda jual saja, akibatnya target konsumen yang Anda jangkau tidak luas.

Jadi, jenis organisasi bisnis yang perlu Anda jalankan sebaiknya adalah menjual atau memasarkan produk dahulu, setelah itu baru membuat produk tersebut. Namun, yang terpenting yang harus dilakukan adalah riset tentang bisnis yang dijalankan. Maka, bisa mengetahui berapa modal yang harus disiapkan siapa saja yang menjadi target Anda dan siapa yang menjadi kompetitor Anda.

Dengan melakukan riset terlebih dahulu dan mencari strategi pemasaran yang paling tepat untuk  digunakan, Anda tidak perlu lagi susah untuk memasarkan produknya. Karena, Anda sudah mengetahui target pembeli yang akan dikejar atau semua kemungkinan resiko yang bisa terjadi. Dengan begitu yang bisa Anda lakukan setelah itu adalah membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Untuk strategi bisnis lainnya baik itu B2B (Business to Business) ataupun C2B (Consumer to Bussines) bisa menghubungi  kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke omsetgo@gmail.com. Kami tunggu kabar baiknya :)