Kenapa Customer Experience Penting untuk Bisnis Anda

Omsetgo.com - Dalam dunia bisnis kita mengenal istilah “pembeli/pelanggan adalah raja”, tanpa adanya pelanggan, bisnis yang kita miliki tidak akan bisa jalan. Maka menyenangkan hati pelanggan sudah menjadi keharusan untuk Anda yang memiliki bisnis, apalagi jika customer memiliki pengalaman yang baik terhadap bisnis yang Anda jalani tersebut. Jadi, Customer Experience adalah hal yang patut Anda ciptakan agar bisnis semakin berkembang.

Image Source: pixabay

Image Source: pixabay

Apa Arti Customer Experience?

Customer Experience adalah pengalaman pelanggan ketika berinteraksi atau sampai dengan melakukan transaksi dengan bisnis Anda. Menurut Digital Marketing Trends 2016, Customer Experience merupakan suatu hal terpenting yang bisa menentukan kemajuan bisnis. Tahukah Anda, berdasarkan survei yang dilakukan oleh American Express, 60% pelanggan bersedia membayar lebih untuk pengalaman baik yang mereka dapatkan. Pelanggan yang memiliki pengalaman baik di suatu organisasi atau bisnis, kemungkinan besar adalah pelanggan setia bisnis Anda.

Service atau layanan yang diberikan kepada customer bukanlah pengalaman yang biasa saja, namun berkesan atau luar biasa dan berdampak positif, sehingga pelanggan tidak mudah melupakannya. Customer experience yang baik dan sangat berkesan dapat kita lihat dari pelayanan yang diberikan oleh bank. Setiap nasabah akan dibukakan pintu oleh satpam dan diberikan senyuman terbaik, dengan begitu customer merasa hangat dan dihargai.

Alasan lain bahwa Customer Experience itu penting adalah kita dapat memperluas jaringan dengan bantuan pelanggan. Mari, kita ambil contoh pada bisnis restoran. Ketika Anda makan di sebuah restoran yang memiliki cinta rasa yang nikmat dan pelayanan yang diberikan pun memuaskan, tentu Anda tidak akan sungkan-sungkan untuk mempromosikan restoran tersebut secara gratis kepada teman-teman Anda, begitu pula sebaliknya dengan pelangalaman tidak enak yang Anda dapatkan. Jadi, Customer Experience itu sangat penting untuk kemajuan bisnis Anda.

Bagaimana Menciptakan Customer Experience yang baik dalam Digital Marketing?

Agar dapat memberikan Customer Experience yang baik, tentu terlebih dahulu yang Anda lakukan adalah merencanakan dan menciptakannya. Namun, bagaimana cara menciptakannya? Berikut ini 3 caranya:

  • Memenuhi Keinginan Pelanggan

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan memenuhi keinginan pelanggan, Anda harus memenuhi keinginan pelanggan secara cepat dan tanggap. Memang ada beberapa keinginan pelanggan yang tidak masuk akal dan tidak terpenuhi, namun usahakanlah agar Anda bisa menemukan solusinya atau paling tidak memberikan pengertian kepada pelanggan. Jika diterapkan dalam Digital Marketing, Anda harus menjangkau orang yang tepat dengan produk ataupun jasa yang tepat. Dengan targeting yang tepat, iklan menjadi berguna untuk calon pelanggan, karena mereka memang sedang perlu atau memang suka.

  • Selalu Mendengarkan

call-center-2537390_640.jpg

Mendengarkan pelanggan dengan baik adalah hal yang juga perlu Anda lakukan, tidak selamanya pelayanan yang cepat adalah pelayanan terbaik. Terkadang, ada waktu ketika Anda harus mendengarkan dengan baik yang dikatakan pelanggan, menganalisa dan memahami maksudnya. Dengan begitu, tentu pelanggan akan senang terhadap bisnis Anda. Karena, mereka didengarkan dengan baik. Selain itu, Anda dapat meningkatkan pelayanan berdasarkan feedback yang telah diberikan. Jika diterapkan dalam Digital Marketing, Anda harus selalu menyediakan nomor telepon dan email yang bisa dihubungi di website dan semua media sosial, mungkin saja calon pelanggan membutuhkan sesuatu atau ada feedback. Anda juga harus menanggapi semua keluhan dan pujian dengan baik.

  • Berikan Perhatian

Memberikan perhatian kepada pelanggan, agar mereka mendapatkan yang diinginkan juga merupakan hal penting yang perlu Anda lakukan. Ketika pelanggan Anda mendapatkan perhatian yang lebih, bisa dipastikan akan meningkatkan Customer experience yang lebih lagi. Sebagai contoh, jika Anda membuat website yang mobile friendly, itu adalah sebuah tindakan yang menunjukkan bahwa Anda peduli dengan pengalaman calon pelanggan ketika membuka website di ponsel mereka. Selain itu,

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait dengan Customer Experience, semoga Anda mendapatkan informasi yang lebih.

Omsetgo dapat membantu Anda untuk menjalankan kampanye iklan dengan teknik Performance Marketing, dari segi tracking, optimasi, analysis, reporting, dsb. Tidak hanya itu, Omsetgo juga dapat memberi rekomendasi custom sesuai dengan bisnis Anda dari segi strategi bisnis, strategi pemasaran, channel untuk Digital Marketing, budget yang cocok, dll.

Jika Anda tertarik untuk memahami lebih lanjut bagaimana teknik ini dapat membantu kesuksesan bisnis Anda, hubungi kami via WhatsApp di 087808786899 atau email ke [email protected]