OMSETGO® Digital Marketing Specialist

View Original

Belajar Digital Marketing: Tools SEO Untuk Jalankan Strategi Anda

Omsetgo.com - Ada banyak cara yang bisa dilakukan jika ingin belajar digital marketing. Mulai dari belajar sendiri hingga ikut pelatihan digital marketing. Minat banyak orang sekarang ini belajar tentang marketing dikarenakan karena perkembangan zaman yang selalu meningkat, bahkan mempengaruhi cara orang untuk memasarkan produk atau jasa mereka.

Sekarang ini , jika Anda tidak ikut dalam perkembangan zaman atau tidak update berita terbaru yang bisa kalah dari orang lain terlebih kompetitor Anda.

Jadi tidak mengherankan bila ada banyak orang, saat ini yang ingin belajar digital marketing, mungkin Anda adalah salah satunya. Banyak hal yang harus kita ketahui tentang dunia digital untuk marketing ini. Salah satu contohnya adalah bahwa ada dua strategi digital marketing yang bisa Anda gunakan yaitu SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing).

SEO VS SEM

SEO adalah strategi untuk digital marketing dengan cara optimasi mesin pencari, dengan tujuan membuat website menjadi peringkat pertama di mesin pencari. SEO ini merupakan strategi digital marketing dengan harga yang terjangkau. Tidak seperti SEM atau Search Engine Marketing, dimana Anda diharuskan membayar jika ingin mendapatkan trafik yang banyak.

Akan tetapi, untuk prosesnya SEO ini dinilai cukup lama untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan, tetapi memiliki usia yang panjang. Tidak seperti SEM waktunya cukup singkat, hanya hitungan hari atau pula jam website Anda bisa langsung di posisi pertama berdasarkan kata kunci yang telah ditentukan. Tetapi, Anda harus bersedia untuk membayar sejumlah uang agar tetap di posisi teratas.

Agar tidak banyak biaya yang dikeluarkan, di belajar digital marketing kali ini kami menyarankan agar Anda menggunakan strategi SEO, dikarenakan tidak banyak biaya yang harus dikeluarkan.

Pelajaran pertama yang harus Anda ketahui tentang SEO ini adalah tools gratis yang bisa digunakan untuk membantu pekerjaan Anda dan juga menghemat biaya.

Jadi, ini dia daftar tools gratis yang bisa membantu Anda dalam pekerjaan SEO, yaitu:

1. Google Analytic

Tools pertama yang bisa digunakan untuk SEO adalah Google Analytic, merupakan sebuah tools yang disediakan oleh Google, dimana fungsinya adalah untuk membantu orang-orang dalam menganalisa website mereka. 

Source: Wordpress website

Google Analytic ini bisa membantu Anda mengetaui darimana pengunjung Anda berasal, karena di tools ini disediakan channel yang digunakan oleh penunjung baik itu seperti dari iklan, organic search ataupun sosial media. Bahkan, Anda juga bisa mengetahui daerah pengunjung Anda tersebut, karena memang Google Analytic ini memberi data yang sangat lengkap untuk Anda.

Dengan menggunakan Google Analytic ini Anda bisa menyusun strategi yang paling cocok untuk bisnis, jika satu strategi tidak berjalan dengan baik Anda bisa mencoba strategi lainnya dengan menggunakan analisa Google Analytic.

2. Majestic SEO

Ketika Anda menjalankan strategi SEO, salah satu indikator keberhasilan yang perlu dilihat adalah Citation Flow dan Trust Flow. Citation Flow adalah metrik angka yang bisa memprediksi seberapa besar pengaruh URL website yang berdasarkan jumlah situs yang terhubung ke website Anda. Maksudnya berpengaruh merupakan kapasitas blog maupun situs yang bisa memberi dampak kepada pembaca blog maupun mereka yang tertarik Anda. Sedangkan untuk Trust Flow adalah suatu metrik yang digunakan untuk memprediksi nilai terpercayanya dari sebuah halaman atau web berdasarkan bagaimana situs ang terpercaya tersebut terhubung dengan situs lain yang terpercaya juga.

 

Source: Toolsinsight

Anda bisa mengetahui Citation Flow dan Trust Flow dari tools metric yang menyediakan data cukup akurat, sehingga Anda bisa menganalisa sejauh mana website Anda tersebut terpercaya.

3. Mozbar - Keyword Checker

Source: Mozbar

Dalam belajar digital marketing selanjutnya Mozbar adalah tools SEO yang bisa Anda gunakan selanjutnya. Mozbar ini befungsi untuk cek keyword yang Anda targetkan, mulai dari kompetitor berapa banyak orang yang cari dan hal lainnya. Untuk Mozbar ini untuk 30 hari pertama Anda memang akan mendapatkan fasilitas gratis, namun untuk selanjutnya Anda harus bayar. Data yang diberikan Mozbar ini cukup lengkap, sehingga Anda tidak akan menyesal jika menggunakannya untuk strategi digital marketing SEO Anda.

Dengan menggunakan Moz ini juga Anda bisa mengetahui rangking dari website Anda berdasarkan keyword yang telah ditentukan. Sehingga, Anda tidak lagi harus cek satu per satu di Google yang pastinya nanti malah memakan banyak waktu Anda.

4. SEO Browser

Sering sekali kita merasa bahwa website yang di design sudah benar dan akhirnya dengan percaya diri pastinya akan bagus menurut mesin pencari. Namun, nyatanya website tersebut tidak kunjung naik peringkat dan selalu berada di bawah. Maka dari itu, kami sarankan kepada Anda untuk menggunakan tools SEO Browser yang berfungsi untuk memeriksa sudah bagus atau tidak website yang kita miliki tersebut dengan sudut pandang mesin pencari tersebut.

Jangan khawatir, tools ini cukup mudah untuk Anda gunakan jadi bisa membantu Anda dalam menganalisa website dan memperbaiki hingga sesuai dengan sudut pandang mesin pencari.

5. Google - Page Speed Test

Jangan pernah lupa juga bahwa salah satu alasan website Anda bisa berada di peringkat pertama dikarenakan kecepatan loading dari website. Selain itu, jika website Anda user friendly juga menjadi hal yang bagus untuk Anda. Jadi, bagaimana cara kita mengetahui seberapa cepat website yang kita miliki tersebut untuk memproses sebuah data? Tidak perlu khawatir Anda bisa menggunakan Page Speed Test, sebuah tools yang ditawarkan oleh Google.

 

Source: Neal Chester

Jadi, disini Anda bisa menganalisa website yang dimiliki tersebut seberapa cepat dalam memproses suatu data, sehingga sangat user friendly.

Demikian belajar digital marketing yang terkait dengan tools SEO yang bisa Anda jalankan untuk strategi digital marketing Anda. Selamat mencoba, semoga semua tools tersebut bermanfaat untuk Anda.

Jika Anda tertarik dengan strategi pemasaran online lainnya, Omsetgo solusinya. Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke omsetgo@gmail.com. Kami tunggu kabar baiknya :)