Omsetgo.com - Telkomsel dan BCA adalah dua perusahaan yang selalu berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggannya. Mereka selalu berinovasi untuk memberi kenyamanan kepada pelanggan, salah satu inovasi yang dibuat kedua perusahaan ini adalah chatbot AI Indonesia bernama Vira (BCA) dan Veronika (Telkomsel). Bagaimana cara kerja kedua asisten virtual ini?

Vira (Bank Central Asia)

WhatsApp Image 2018-02-20 at 2.04.47 PM (3).jpeg

Tahun 2017 yang lalu BCA atau Bank Central Asia meluncurkan asisten virtual bernama Vira. Layanan ini merupakan suatu implementasi ide dari juara pertama pada kompetisi Financial Technology Hachathon (Finhacks) #HackbyTheBeach yang diadakan pada tahun 2016 silam. Tujuan dikembangkan layanan kecerdasan buatan ini adalah agar nasabah dapat memperoleh informasi yang bersifat mendasar dan dapat dipahami secara mudah, responsif dan tanggap.

Chatbot Indonesia Vira ini ada diberbagai platform chat terkemuka, yaitu seperti Facebook Messenger, Line dan Kaskus.

 

Apa saja bantuan yang ditawarkan oleh Vira?

Vira akan dengan senantiasa mengabarimu informasi terupdate seputar perbankan. Apa saja kah itu?

  • Promo

WhatsApp Image 2018-02-20 at 2.04.47 PM (2).jpeg

Untuk informasi promo yang diberikan oleh chatbot Indonesia Vira cukup lengkap, mulai promo apa saja yang disediakan BCA ke pelanggannya, serta syarat dan ketentuan yang berlaku pun diinformasikan dengan lengkap oleh Vira.

  • Kurs

Vira chatbot AI Indonesia juga bisa membantu Anda untuk mengetahui nilai kurs terupdate hari itu juga. Anda cukup memilih mata uang yang ingin Anda ketahui nilainya, tidak akan lama Vira segera memberi tahu informasi kurs terkini.

  • Lokasi ATM

Bahkan bukan cuma nilai kurs dan promo informasi yang bisa Anda dapatkan dari Vira. Bahkan untuk lokasi ATM bisa Anda ketahui hanya dengan menggunakan asisten virtual ini. Anda cukup  membagikan lokasi Anda saat ini, dengan segera Vira akan menunjukkan ATM terdekat.

WhatsApp Image 2018-02-20 at 2.04.46 PM.jpeg

 

  • Daftar Online

Jika dulu Anda untuk mengajukan KPR atau kartu kredit kita harus pergi ke bank. Sekarang dengan bantuan chatbot  Vira, Anda bisa mendaftar secara online KPR dan kartu kredit tanpa ribet pastinya.

  • Cek Saldo & Cek Mutasi Rekening

Chatbot AI Indonesia Vira juga bisa untuk cek saldo dan mutasi rekening. Anda hanya  perlu mengetik dan tanyakan jumlah saldo saat ini dan segera Vira akan menjawab saldo tersebut. Bahkan buka cuma cek saldo saja loh, Anda juga bisa cek mutasi rekening tiga transaksi terakhir.

  • Info Kartu Kredit

Info kartu kredit apa yang akan diberikan oleh Vira? Chatbot Vira akan memberi informasi kepada kamu mengenai tagihan, sisa limit, bahkan hingga histori kartu kreditmu.

Baca Juga: https://www.omsetgo.com/case-study-blog/2018/2/14/review-tentang-chatbot-line-terbaik-bang-joni-2018

  • Admintrasi

Anda ingin tahu bagaimana cara registrasi kartu kredit? Vira siap membantu. Anda bisa menanyakan informasi mengenai registrasi kartu kredit, hapus registrasi info dari kartu kredit hingga tutup layanan.

Nah, itu layanan-layanan canggih yang bisa didapatkan dari Vira. Bagaimana denga Veronika? Bantuan apa saja yang bisa kita dapat dari salah satu chatbot AI Indonesia ini?

 

Veronika (Telkomsel)

WhatsApp Image 2018-02-20 at 2.04.46 PM (1).jpeg

Veronika dari Telkomsel salah satu chatbot Indonesia juga bisa membantu pelanggannya untuk memberi solusi mendasar. GraPARI virtual ini bertujuan untuk bisa melayani setiap informasi kepada pelanggannya, seperti bagaimana cara upgrade menjadi 4G, tagihan, informasi tentang paket aktif saat ini dan juga informasi berlangganan, informasi PIN T-Care, serta informasi PUK.

Saat ini layanan Veronika asisten virtual bisa diakses di Line, Facebook Messenger dan Telegram.

Selain bantuan di atas masih banyak layanan lainnya yang diberikan oleh Veronika ini, untuk memudahkan pelanggannya, diantaranya:

WhatsApp Image 2018-02-20 at 2.04.47 PM (1).jpeg

- Informasi GraPARI

Informasi tentang alamat maupun jam operasional GraPARI.

- Informasi Voucher

Informasi yang bisa Anda dapatkan adalah voucher yang berlaku, periode aktif dan denom voucher yang ditawarkan oleh Telkomsel.

- Informasi Tagihan Berjalan

Informasi yang didapatkan oleh pelanggan pascabayar terkait dengan tagihan berjalan.

- Informasi Sisa Pulsa

Informasi untuk pelanggan prabayar  yang terkait  dengan sisa pulsa dan juga masa aktif dari kartu.

- Bayar Tagihan kartuHalo

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembayaran mengenai tagihan pascabayar di chatbot Indonesia Veronika ini.

WhatsApp Image 2018-02-20 at 2.04.47 PM.jpeg

- Kontak Live Agent

Anda bisa menghubungi agent customer care Telkomsel melalui chatbot Veronika ini dengan menggunakan channel Telegram, Line dan juga Facebook Messenger.

Masih banyak informasi lainnya yang diberikan oleh Veronika. Dan,  masih banyak pula  layanan yang diberikan chatbot ini kepada pelanggannya.

Jadi, Itu dia chatbot Indonesia untuk layanan pelanggan yang ditawarkan oleh BCA dan juga Telkomsel. Sudahkah Anda pernah menggunakan kedua layanan ini?

Untuk info lebih lanjut tentang chatbot Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke [email protected]. Ayo kembangkan bisnis Anda lebih baik lagi dengan menggunakan chatbot ini. Kami tunggu kabar baiknya :)