OMSETGO® Digital Marketing Specialist

View Original

Cara Memanfaatkan Media Sosial Untuk Marketing Bisnis

Omsetgo.com - Kita semua tentu tahu bahwa sosial media adalah platform paling ampuh yang bisa Anda gunakan dalam menjalankan strategi digital marketing. Ada banyak platform media sosial marketing yang saat ini bisa digunakan untuk berbisnis. Bahkan, ada juga menawarkan beberapa fitur iklan untuk bisnis Anda. Misalnya saja seperti Instagram dan Facebook adalah dua sosial media yang menawarkan berbagai macam fitur bisnis. Akan tetapi, bagaimana cara paling efektif untuk  memanfaatkan media sosial untuk marketing bisnis Anda?

Berikut ini kami sarankan cara menggunakan media sosial marketing, yaitu:

1. Buat Strategi Digital Marketing Plan Anda

Sebelum memanfaatkan sosial media untuk kemajuan bisnis Anda, ada baiknya terlebih dahulu menyusun strategi digital marketing plan. Anda bisa membuat atau mempertimbangkan untuk apa bisnis Anda dibuat, bagaimana targetnya, berapa biaya yang harus dikeluarkan nantinya. Tanpa adanya strategi digital marketing plan yang tepat, Anda akan tersesat dengan pikiran sendiri. Jadi, jangan lupa untuk menyusun strategi media sosial marketing Anda sekarang juga.

Untuk menyusun strategi digital marketing plan ini, ada baiknya Anda menjawab beberapa pertanyaan berikut agar bisa dengan mudah menentukan sasaran marketing, yaitu:

- Apa sebenarnya keinginan atau sesuatu hal yang saya inginkan melalui sosial media marketing ini?

- Siapa yang nantinya akan menjadi target pelanggan saya?

- Nantinya, jika sudah memiliki media sosial marketing, pesan apa yang akan saya sampaikan?

- Sosial media apa yang sering digunakan audiens saya nanti dan kira-kira bagaimana mereka menggunakan sosial media ini? Secara rutinkah, pada siang hari kah atau tidak rutin dan malam hari?

Perlu Anda perhatikan pula bahwa tipe bisnis yang Anda miliki harus mengarah dan juga menginformasikan ke strategi media sosial marketing.

2. Manfaatkan Untuk Konten Promosi

 

Salah satu fungsi dari media sosial marketing adalah untuk promosi produk dengan harga terjangkau. Ini adalah strategi digital marketing sempurna yang bisa dijalankan. Jika Anda sudah membangun sosial media dengan baik dan akhirnya mendapatkan pengikut setia di beberapa platform sosial media, setelah itu yang bisa dilakukan adalah mengirim semua konten baru dan Anda harus memastikan bahwa konten yang disebarkan tersebut adalah produk baru. Jangan lupa pula cantumkan link pada setiap produk yang diupload tersebut, sehingga pengunjung dengan sangat mudah akan bisa menemukan Anda. Selain itu, jika Anda memiliki konten blog yang bagus, dapat dipastikan bisa membantu Anda untuk membangun lebih banyak pengikut. Ini adalah cara memanfaatkan media sosial marketing dan pemasaran untuk konten yang saling menguntungkan satu sama lain.

3. Target dan Temukan Pengunjung

Selain dengan menggunakan sosial media Anda juga bisa menargetkan pengunjung berpontensi yang Anda inginkan. Cara yang bisa Anda lakukan untuk menargetkan pengunjung mulai dari minat, umur, dan juga jenis kelamin. Target pengunjung seperti itu, biasanya disediakan oleh Google dan Facebook dalam menjalankan iklan berbayar mereka. Target pengunjung juga bisa dilihat dari kata kunci yang ditargetkan. Nantinya, iklan tersebut akan ditargetkan kepada pengunjung yang sedang mencari kata kunci yang Anda targetkan. Jadi, lebih efisien karena pengunjung Anda benar-benar berpotensial.

4. Bergabung Dalam Komunitas Di Sosial Media

Selanjutnya untuk memanfaatkan media sosial marketing adalah dengan bergabung ke komunitas-komunitas yang memiliki topik yang sama dengan bisnis Anda. Perlu diketahui bahwa tidak selamanya Anda harus harus menunggu interaksi dari pelanggan. Anda bisa membuat komunitas atau bisa pula bergabung dengan komunitas-komunitas yang sesuai dengan bisnis. Dengan bergabung pada beberapa komunitas-komunitas tersebut Anda bisa ikut nimbrung disetiap obrolan yang disampaikan oleh autor tersebut. Jika sudah lama bergabung di komunitas, Anda bisa memasukkan beberapa kata-kata promosi. Bukan cuma itu, nantinya pun Anda akan mendapatkan target audiens yang lebih luas.

5. Lacak Pesaing Anda

Hal terakhir untuk memanfaatkan sosial media marketing adalah Anda bisa melacak pesaing, yaitu sudah sampai mana perkembangan bisnisnya. Perlu Anda tahu bahwa mengawasi pesaing adalah hal yang penting. Karena hal ini bisa memberikan data yang berharga untuk penelitian kata kunci dan juga wawasan terhadap marketing media sosial yang Anda miliki. Ketika pesaing Anda menggunakan sosial media marketing atau teknik digital marketing tertentu, Anda bisa mencoba mengikutinya. Sehingga, Anda bisa belajar dari kekurangan dan kelebihan kompetitor. Jika memang bisa memberikan dampak positif untuk Anda, kenapa tidak?

Itu dia kira-kira cara memanfaatkan media sosial untuk marketing bisnis yang bisa Anda jalankan. Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk Anda.

Jika Anda tertarik dengan srategi sosial media marketing, Omsetgo solusinya. Anda bisa menghubungi kami via WhatsApp 087808786899 atau email ke omsetgo@gmail.com. Kami tunggu kabar baiknya :)